Tanya Dokter

  • apakah orang yang sudah terkena cacar bisa terkena lagi?

  • Saya dulu sudah kena cacar dok,kok sekarang saya terkena lagi?mengapa ya? Ditunggu secepatnya ya dok,makasih.

    Hai,   Normalnya seseorang hanya terinfeksi sekali dengan cacar air. Ini dikarenakan terbentuknya antibodi pasca penyembuhan saat pertama kali terinfeksi. Namun ada beberapa kasus terjadinya reinfeksi (cacar > 1 kali) pada orang orang dengan kondisi medis tertentu seperti :

    1. Orang dengan gangguan imun = AIDS
    2. Orang yang mendapatkan obat penekan imun = pasien pasca transplantasi
    Untuk kepastian sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi penyakit Anda. Karena sangat jarang terjadi maka kemungkinan keluhan Anda bukanlah  cacar air  namun memiliki gejala yang mirip cacar. Ini bisa terjadi pada keluhan sekarang atau keluhan di masa lampau. Pada beberapa penelitian, terjadinya reinfeksi kembali seseorang dengan cacar air dihubungkan dengan :
    1. terinfeksi virus varicela tipe lain
    2. tidak terbentuknya antibodi saat pertama kali terinfeksi
    Cacar air timbul akibat infeksi virus varicella. Penyakit ini menimbulkan gejala demam, timbulnya bercak kemerahan yang kemudian berubah menjadi lenting berisi cairan yang lama akan mengering dan menghitam. Penularan cacar air sangat mudah dan cepat, maka dari itu disarankan agar orang yang terinfeksi cacar di isolasi di ruangan khusus dan dihindarkan dengan anak, bayi, dan manula serta wanita hamil. Pencegahan satu satunya adalah dengan pemberian imunisasi cacar. Pengobatan cacar adalah dengan pemberian anti virus,  dan obat simptomatik lain untuk mengurangi gejala seperti lotion calamin, obat demam dll. Selain itu pemberian cairan yang cukup, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Semoga membantu.   dr. Yusi