Tanya Dokter

  • Penanganan pertama setelah digigit pacet

  • Dokter, dua hari yang lalu saya digigit pacet, tpi baru menyadarinya kemaren saat melihat bagian betis bengkak dan terasa gatal. Yang saya takutkan, wktu itu saya tdak melihat pacet dan tidak mencabutnya. Toi dia sudah mggigit d bagian betis. Apakah pacet tersebut akan naik trus ke atas tubuh saya setelah menggigit tdi? Jika iya, berarti ada kemungkinan dong dia masuk dalam tubuh saya dok?? Apa yang sebaikbya saya lakukan dok?? Terimakasih

    Halo Nurul ihza hayati, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pacet adalah binatang yang mirip dengan lintah namun hidup di daun dan batang pepohonan dan bukan di air atau tempat lembab seperti lintah. Pacet sama seperti lintah, hidup dari menghisap darah binatang lain, dan bisa juga menempel pada kulit manusia dan menghisap darah manusia. Meskipun demikian, binatang ini hanya akan menempel dan menghisap darah dari luar dan tidak akan masuk menembus kulit. Biasanya binatang ini akan melepaskan sendiri gigitannya dalam 20 menit saat sudah kenyang menghisap darah, dan meninggalkan luka sulit berhenti perdarahannya karena suatu zat bernama hirudin yang dihasilkan oleh pacet ini.

    Untuk merawat luka digigit pacet, yang sudah lepas, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

    1. mencuci luka dengan air dan sabun
    2. bila terdapat bengkak dan nyeri anda dapat mengompres luka dengan kompres dingin
    3. bila luka masih terus mengeluarkan darah, anda dapat memberikan tekanan dengan kasa steril di atas luka hingga perdarahan berhenti
    4. bila terjadi infeksi pada luka, misalnya luka tampak bernanah atau mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter dengan segera untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

     

    Gigitan pacet juga dapat menimbulkan reaksi alergi berat yang disebut dengan reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis juga memberikan gejala-gejala seperti:

    1. Ruam kemerahan pada seluruh tubuh disertai gatal
    2. Sulit bernafas, nafas berbunyi (mengi)
    3. Bengkak pada wajah, bibir, lidah
    4. Penurunan tekanan darah disertai dengan detak jantung yang sangat cepat
    5. Gangguan kesadaran  hingga pingsan
    6. Dapat pula disertai dengan mual, muntah, nyeri perut, diare
    7. Kulit teraba dingin

     

    Biasanya reaksi anafilaksis paska gigitan pacet atau lintah dapat terjadi dalam kurun waktu 2 jam paska gigitan. Bila anda mengalami gejala-gejala anafilaksis tersebut, segera pergi ke rumah sakit karena reaksi anafilaksis adalah kondisi yang sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan segera.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia