Tanya Dokter

  • Apakah tekanan darah 130/60 saat hamil itu normal ?

  •  Zhalwa
    Anggota
    Hayy dok.. Aku mau nanya dong dok, Aku seorang istri umur 25 tahun. Sudah memiliki satu orang anak sekarang berumur 5 tahun, sekarang saya sedang mengandung dok.. perlh di ketahui ini adalah kehamilan saya yg ke 4, pada hamil ke-2 dan ke-3 saya mengalami keguguran, jarak antar kehamilan terakhir dan kehamilan sekarang sekitar 1 tahun dok.. kemarin saya sempat di periksa tekanan darah, darah saya 130/60.. apakah itu normal dok ?? Mengingat saya sudah 2 kali mengalami keguguran.. Terimakasih sbelumnya dok..

    Halo Zhalwa,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Mengalami keguguran berulang sebelumnya tentu saja membuat Anda cemas apalagi ketika Anda sedang kembali mengandung. Keguguran yang berulang biasanya harus diselidiki penyebabnya agar Anda dapat memiliki kehamilan yang sehat berikutnya. Keguguran adalah kematian janin sebelum usia kandungan mencapai 20 minggu. Selain perdarahan yang disertai nyeri perut, tanda keguguran yang lainnya adalah menurunnya gerakan janin, perubahan gejala kehamilan, dan keluarnya jaringan atau cairan dari vagina. Keguguran yang berulang didefinisikan sebagai kegugurang yang terjadi pada 2 atau lebih kehamilan sebelumya.Keguguran yang berulang sebagian besar disebabkan oleh kelainan kromosom pada bayi. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh miom, polip rahim, sindrom antifosfolipid, diabetes, sindrom ovarium polikistik, dan lainnya.

    Tekanan darah dinyatakan dalam dua angka, angka di atas menyatakan tekanan sistolik (yaitu tekanan saat jantung berkontraski memompa darah) dan angka di bawah menyatakan tekanan diastolik (yaitu tekanan pada pembuluh darah arteri ketika jantung dalam kondisi beristirahat memompa darah). Tekanan darah dikatakan normal bila tekanan sistolik berkisar lebih rendah atau sama dengan 120 mmHg, dan tekanan diastolik lebih rendah atau sama dengan 80 mmHg. Tekanan darah Anda saat ini tidak perlu dikhawatirkan namun tetap perlu dimonitor. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan yang dapat terjadi pada masa kehamilan. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darah sistolik (tekanan darah saat otot jantung berkontraski memompa darah) sama dengan atau lebih dari 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik (tekanan darah saat otot jantung berelaksasi) sama dengan atau lebih dari 90 mmHg. 

    Silakan Anda konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai kondisi yang Anda alami sebelumnya. Pastikan juga Anda selalu mengikuti jadwal konsultasi dengan dokter sesuai dengan anjuran dokter.

    Semoga bermanfaat.

    Dr. Aloisia