Tanya Dokter

  • Libido turun pasca operasi kista

  •  Eddy s
    Anggota

    Maaf Dok

    istri sya dua bulan lalu menjalani operasi Kista & usus buntu, alhamdulillah sekarang sdh sehat & normal kembali, yg saya tanyakan apakah akibat pasca operasi tsb (kista) berakibat kurangnya daya seksual terhadap istri saya, krn saya amati istri saya akhir2 ini nafsu seksualnya kurang sekali (hampir tdk ada), berakibat kurang harmonisnya hubungan seksual sya dgn istri, demikian sekali lagi mohon maaf, mohon balasannya

    Halo,   Pada dasarnya pengangkatan kista saja tidak akan mempengaruhi libido seorang wanita. Namun jika saat operasi indung telur / ovarium ikut diangkat maka bisa jadi inilah penyebab dari berkurangnya libido istri Anda. Pasca operasi sangat normal seseorang tidak akan terlalu bersemangat untuk berhubungan intim. Ini disebut dengan low arousal yang bisa diakibatkan oleh banyak faktor seperti :

    1. Faktor psikis = ketakutan akan mengalami nyeri/ penyakit yang sama jika berhubungan intim.
    2. Faktor fisiologis --> hormonal = pada wanita yang mengalami pengangkatan rahim dan atau indung telur juga bisa menyebabkan libido turun akibat rendahnya kadar hormon yang biasa diproduksi oleh indung telur.
    Untuk mengatasinya maka akan diperlukan kerjasama dari kedua pasangan. Ajaklah istri Anda berkomunikasi dengan baik mengenai hal ini. Tanyakan dengan sabar apa penyebab penolakannya terhadap ajakan seksual Anda. Jika perlu Anda juga bisa meminta bantuan seksolog atau dokter untuk mengatasi permasalahan libido ini. Beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan :
    1. Olahraga
    2. Konsumsi buah buahan
    3. Dekatkan diri dengan istri seperti memeluk, bercengkrama, berciuman tanpa adanya penetrasi. Yakinkan istri Anda dan tingkatkan percaya dirinya.
    4. Pemberian obat hormonal pengganti jika diperlukan sesuai anjuran dokter.
    5. Kurangi stressor yang perlu dihadapi istri Anda.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi