Tanya Dokter

  • nyeri sendi saat menjalani pengobatan TBC

  •  Zamzami Arief
    Anggota

    selamat sore! Dok sya rmaja 16 thn. Saya positif TB Paru. Saya sdng mnjalani pengobatan TB paru, sudah 1 bln. Awalnya tdk ada gjala apa apa, nmun stlah 1 bln persendian saya trasa nyeri. Lutut, prglangan kaki dn tangan, serta sikut saya sakit. Apakah itu reaksi / efek samping obat TB Paru?

    Zamzami Arief  dr. Danny
    Dokter

    Hai, Obat TBC memang memiliki efek samping, tetapi efek samping pada tiap orang berbeda-beda dan respon terhadap pengobatan antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Efek samping obat TBC yang sering terjadi :

    • mual
    • muntah
    • tubuh lemah
    • nafsu makan hilang
    Efek samping lain yang mungkin dapat terjadi tetapi lebih jarang:
    • mata dan kulit kuning
    • kesemutan
    • mati rasa pada tangan dan kaki
    • nyeri sendi
    • ruam di kulit, gatal, atau memar
    • perubahan penglihatan
    Sebaiknya Anda memeriksakan diri secara rutin dan memeiksakan diri untuk keluhan yang Anda alami, apakah termaasuk efek samping obat atau memang karena nyeri sendi karena hal lain yang dapat disebabkan :
    • radang sendi / rhematoid atritis
    • osteoartritis
    • gout/ asam urat
    • dislokasi sendi yang terjadi secara berulang
    • infeksi
    • penyakit darah/ hemofilia
    • psoriasis atritis (kelainan kulit yang juga menyerang sendi)
    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
    • makan -makanan yang bergizi
    • cukup istirahat
    • minum obat pereda nyeri untuk nyeri sendinya seperti paracetamol,  jika tidak berkurang kunjungi dokter
    • baca hal terkait nyeri sendi
    semoga bermanfaat, terimakasih dr. Danny