Tanya Dokter

  • Apakah pelepasan dopamin berlebihan bisa merusak tubuh khususnya otak ?

  •  rayhan
    Anggota

    Dok, saya rayhan ingin bertannya , Jika kita melakukan sesuatu yang membuat kita ketagihan seperti bermain game, itu nanti akan menaikan hormon dopamin kita, jika kita semakin senang maka dopamin akan bertambah apakah ada efeknya bagi tubuh khususnya otak sendiri ?

    Selamat sore, Rayhan. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Dopamin merupakan suatu neurotransmiter yang dibentuk oleh tubuh anda melalui asam amino tirosin, yang banyak ditemukan pada berbagai makanan kaya protein seperti daging dan keju. Dopamin merupakan molekul penting untuk membentuk epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin). 

    Otak dan sistem saraf membutuhkan neurotransmiter untuk menyampaikan pesan dalam bentuk impuls listrik ke seluruh bagian tubuh, untuk mengatur berbagai fungsi tubuh. 

    Dopamin berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi otak dan tubuh anda, seperti:

    1. Mengatur aliran darah di dalam pembuluh darah
    2. Mengatur kebiasaan makan
    3. Berperan dalam proses belajar dan fungsi kognitif
    4. Berperan dalam perilaku seseorang
    5. Mengatur aktivitas motorik (pergerakkan)
    6. Mengatur pengeluaran hormon dari kelenjar pituitary
    7. Membantu kerja sistem saraf autonomy

    Dopamin dapat mempengaruhi berbagai area di dalam otak anda. Pada daerah mesolimbik, dopamin diduga berperan dalam membentuk motivasi dan kecanduan yang diakibatkan oleh hadiah atau kesenangan yang didapatkan. Pada daerah mesokortikal, dopamin berhubungan dengan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan emosi dan motivasi. Pada nigrostriatal, dopamin berfungsi untuk mengatur dan menstimulasi aktivitas motorik. Pada tuberoinfundibular, dopamin berfungsi untuk mengatur pelepasan hormon kelenjar pituitari.

    Bila dalam kadar normal, maka dopamine ini akan berperan baik. Namun bila dopamine yang ada sangat tinggi maka dapat menyebabkan kecanduan dan bila terus berlanjut maka dapat meningkatkan risiko gangguan mental skizofrenia (gangguan jiwa) dan dapat menjadi orang yang euphoria, sulit tidur, dapat pula halusinasi, pemarah.

    Namun bila terjadi kekurangan dopamine akibat kecanduan yang Anda alami maka dapat mengakibatkan gangguan mood, sulit tidur, mual dan muntah dll. Sehingga keseimbangan kadar dopamine sangat dibutuhkan dalam tubuh.

    Maka untuk menstabilkan dopamine, maka tips yang dilakukan yaitu :

    ·Berolahraga rutin 5x seminggu @30 menit

    ·Beraktifitas di luar ruangan, di bawah sinar matahari, dapat membantu meningkatkan kadar serotonin

    ·Lakukan aktifitas atau hobbi yang menyenangkan

    ·Makan makanan sehat, dan hindari karbohidrat dan gula berlebihan

    ·Hindari stres dan lakukanmeditasi.

     Anda dapat membaca artikel ini. Fakta tentang dopamin

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Dian