Tanya Dokter

  • apakah pemutih citra day and night cream berbahaya?

  • Selamat siang dok. Saya Muhairinifah umur 17 thun . Sudah 1 bulan ini saya sudah memakai citra day and night cream untuk memutihkan kulit . Apakah citra itu berbahaya jika terkena sinar matahari? Dan apakah menyebabkan kanker kulit dok? Trus untuk perawatan dari dalam saya minum natur E dok setelah saya minum natur E semua bruntusan diwajah saya berubah jadi jerawat dok . Itu kenapa ya ??

    Selamat siang dok. Saya Muhairinifah umur 17 thun . Sudah 1 bulan ini saya sudah memakai citra day and night cream untuk memutihkan kulit . Apakah citra itu berbahaya jika terkena sinar matahari? Dan apakah menyebabkan kanker kulit dok? Trus untuk perawatan dari dalam saya minum natur E dok setelah saya minum natur E semua bruntusan diwajah saya berubah jadi jerawat dok . Itu kenapa ya ??

    Hello, Produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti hidrokinon, merkuri, steroid, rhododenol, bahan pewarna berbahaya tidak dapat beredar di Indonesia. Anda bisa memeriksa apakah produk yang beredar di Indonesia aman atau tidak dalam laman BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di http://www.pom.go.id/new/. Produk yang mengandung zat hidrokinon diperkirakan dapat memberikan efek samping kulit menghitam jika terkena sinar matahari, selain itu juga menurut beberapa penelitian produk yang mengandung zat ini dapat memicu sel kanker. Namun menurut American Society for Dermatology Surgery Association, produk yang mengandung hidrokinon dapat digunakan bergantung pada indikasi dan dosis yang diberikan oleh dokter spesialis kulit. Berikut adalah laman yang membahas mengenai keamanan dan potensi efek samping yang dapat ditimbulkan oleh hidrokinon : http://asdsa.asds.net/m/position/Hydroquinone/ Dan laman yang memuat zat-zat yang harus diperhatikan dalam kandungan produk kecantikan : http://www.alodokter.com/jangan-asal-memakai-krim-pemutih http://www.alodokter.com/dampak-buruk-pemutih-kulit Kanker kulit memiliki banyak jenis, antara lain :

    1. Basal cell carcinoma
    2. Melanoma
    3. Squamous cell carcinoma
    4. Kaposi sarcoma
    5. Actinic keratosis
    6. dan lainnya
    Anda dapat mengakses penyebab dari salah satu kanker kulit yang banyak ditemukan dalam laman berikut : http://www.alodokter.com/kanker-kulit-melanoma/penyebab/ Anda memerlukan pemeriksaan kulit Anda ke dokter spesialis kulit, karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak maka penggunaan vitamin E dosis tinggi akan memicu tumbuhnya jerawat pada kulit Anda. Setiap kulit memiliki penanganannya sendiri-sendiri. Anda dapat mengakses laman ini untuk mendapatkan informasi mengenai suplemen yang dapat membantu memutihkan kulit : http://www.alodokter.com/cara-cepat-memutihkan-kulit-dengan-suplemen Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean  

    Saya juga ingin bertanya. Saya baru memakai New Citra Gold Pearky White UV day cream dan nigth cream. Dan sabun muka Citra Skin Whitening Soap. Saya pertama ragu memakainya, dikarenakan tidak ada No.BPOMnya. Tetapi karena terlanjur membelinya. Saya memakainya. Tetapi pleaning saya hanya 1 minggu.

    Awal pertama memakainya wajah saya biasa saja. Hari kedua, pada saat memainya wajah saya agar perih dan gatal. Dan hari ketiga, saya memakainya. Wajah saya menjadi kasar dan agak berkerak. Itu kenapa ya dok? Mohon jawab ya dok 😀