Tanya Dokter

  • Apakah penderita batu ginjal boleh makan jeruk?

  •  ymsap
    Anggota

    Selamat sore Dok,

    Saya ingin bertanya terkait makanan yang dibolehkan bagi penderita batu ginjal. Saya membaca beberapa artikel bahwa jeruk dibolehkan untuk dimakan namun terdapat beberapa artikel yang melaarang jeruk untuk dimakan bagi penderita batu ginjal. Sebenernya yang benar yang mana ya Dok?

     

    ymsap  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo ymsap,

     

    Batu ginjal adalah kondsi dimana adanya terdapat penumpukan material yang mengeras dan berbentuk seperti batu pada ginjal. Adanya batu ginjal tentu dapat mengganggu fungsi pada ginjal dan pada kondisi yang kronik dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

     

    Beberapa keluhan yang disebabkan karena adanya batu ginjal terutama batu yang berukuran besar diantaranya :

     

    • Nyeri pada pinggang
    • Nyeri saat berkemih
    • Meningkatnya frekuensi berkemih
    • Pada kondisi yang berat, berkemih dapat disertai dengan keluarnya darah

     

    Pada penelitian terbaru diungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi jus yang terbuat dari buah jeruk dapat mencegah terjadinya batu ginjal dan menurunkan angka kekambuhan dari batu ginjal namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui fungsi dari jeruk untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

     

    Pada orang dengan batu ginjal, pengobatan dilakukan dengan mempertimbangkan ukuran dari batu yang terdapat pada ginjal. Pada batu berukuran kecil, umumnya dapat diberikan pengobatan untuk menghilangkan keluhan akibat adanya batu pada ginjal namun pada batu berukuran besar yang menyebabkan keluhan bertambah berat umumnya dapat dilakukan penanganan berupa operasi untuk menghilangkan batu sehingga lakukanlah pemeriksaan dengan rutin ke dokter pada adanya batu di dalam ginjal sehingga dapat dilakukan evaluasi serta pemantauan terhadap kondisi ginjal dan dapat diberikan penanganan berdasarkan keluhan yang dialami.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi