Tanya Dokter

  • Apakah penderita batu ginjal boleh mengonsumsi daun ginseng?

  •  Tya Nobitha
    Anggota

    Apakah penderita batu ginjal boleh mengkonsumsi daun gingseng, dok?? Thx

    Halo,   Daun ginseng dalam bentuk masakan ? Pada dasarnya penderita batu ginjal tidak memiliki pantangan extrem mengenai satu jenis sayuran jadi Anda bisa mengkonsumsinya sesuai kewajaran. Walaupun penyebab batu ginjal memang berasal dari endapan akibat makanan atau kondisi lain seperti konsumsi oksalat, vitamin D , purin dll secara berlebihan, namun pada dasarnya pencegahan batu ginjal adalah dengan membatasi (bukan menghilangkan) konsumsi makanan yang mengandung zat yang bisa membentuk batu. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan endapan batu jika dikonsumsi secara berlebih adalah :

    • Makanan mengandung oksalat tinggi = coklat, susu kedelai,tahu, tempe, sarden, makanan kaleng, teh, terong, bayam, bir dll.
    • Makanan mengandung vitamin D tinggi= tempe, tahu, tiram, jamur, hati sapi, susu, kacang kedelai, minyak ikan, kuning telur dll.
    • Makanan mengandung purin tinggi = seafood, emping, melinjo, kangkung, ekstrak daging, jeroan, sarden dll.
    Untuk menangani batu ginjal tidak bisa dilakukan hanya dengan pembatasan konsumsi makanan, diperlukan tindakan lain seperti :
    1. Obat peluruh batu ginjal.
    2. ESWL.
    3. Laser
    4. Bedah terbuka.
    Perbanyak minum air putih dan lakukan aktivitas / olahraga rutin bisa membantu mencegah terbentuknya batu ginjal dan meluruhkan batu ginjal yang berukuran kecil. Baca topik Batu saluran kemih. Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Hai Untuk pengobatan herbal seperti daun ginseng masih membutuhkan penelitian lebih lanjut apakah memang dapat menghancurkan batu ginjal atau tidak. Sampai sekarang belum ada data yang membuktikan kalau daun ginseng dapat bermanfaat dalam pengobatan batu ginjal. Tindakan dan penanganan batu ginjal tergantung dari ukuran batu ginjal, jika batu masih kecil tidak perlu tindakan apapun, cukup dengan banyak minum air putih dan batu mungkin dapat kerluar sendiri saat berkemih, dan batu yang besar dan menyumbat saluran kemih, satu-satunya cara yang paling efektif untuk menghancurkan batu ginjal adalah dengan tindakan operasi. Mengenai pengobatan batu ginjal dapat Anda baca dibawah ini: Pengobatan batu ginjal Semoga membantu. Terima kasih. dr.Yan william