Tanya Dokter

  • Apakah penderita hipertiroid bisa hamil?

  • Sore Dok, Saya didiagnosis hipertiroid,dan beberapa bulan lg sy akan menikah dan ingin langsung program hamil,siklus haid saya selama ini sangat teratur,apakah saya bisa hamil Dok?dan apa saran dr dokter untuk saya agar bs secepatnya hamil?

    Rafika Wulan Sari  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Hipertiroid dapat mempengaruhi kesuburan karena gangguan hormon tiroid berpengaruh ke hormon seksual. Biasanya ini ditandai dengan gangguan siklus menstruasi. Dengan kontrol yang rutin dan baik, penderita hipertiroid memiliki kemungkinan hamil yang lebih baik. Saran saya anda cek ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan hipertiroid dan kontrol, dan juga ke dokter spesialis kandungan untuk penilaian hormon seksual anda. Anda dapat juga mengikuti program hamil setelah kondisi anda stabil. Pemeriksaan tiroid seperti sidik tiroid mungkin diperlukan untuk penilaian. Tips untuk anda:

    • hindari rokok dan olahraga secara teratur
    • makan yang bergizi cukup dan sering
    • mencapai berat badan ideal
    • menghindari stres
    • menghindari alkohol
    Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus

    Terimakasih dok jawaban nya sangat membantu,oh ya dok saya jg ingin bertanya saya memiliki kucing persia,dia selalu didalam rumah dan tidak pernah sy keluarkan,sy jg tdk prnh menciumnya,hanya saja sesekali mengelusnya,saya selalu memberikannya makanan yg direkomendasikan oleh dokter hewan,bahkan setiap 1xseminggu sy selalu bw dia ke petshop u/ memandikannya,kucingku jg BAK dan BAB selalu di wc jd sy tgl menyiram kotorannya saja,apakah sebaiknya saya terus merawat nya atau enggak dok?krn byk yg menyuruh sy untuk menjualnya katanya merawat kucing bisa sulit untuk hamil,apa yg harus sy lakukan dok?sy sangat menyayanginya dan berat untuk melepaskannya,mohon bantuannya dok,Terimakasih.