Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil pada penderita penebalan dinding rahim

  •  Sujiati Dwi
    Anggota

    siang dok..... aku berusia 28 tahun sudah menikah 5 tahun belum punya keturunan, sudah periksa ke dokter ternyata ada penebalan pada dinding rahim, sudah pernah diobati dan penituapan 5 bulan yang lalu namun sampai sekarang belum hamil juga, gimana dok biar cepat hamil? terimakasih......

     

    Halo

    Penebalan dinding rahim dikenal juga dengan istilah hiperplasia endometrium. Hiperplasia endometrium ini memang diketahui dapat menyebabkan susah hamil, sebab embrio yang ada menjadi susah untuk tertanam di dinding rahim yang menebal. Kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan pemberian obat hormon atau operasi. Namun meski telah diterapi kemungkinan untuk hamil tidak dapat dipastikan 100%. Konsultasikan lebih lanjut mengenai hal ini langsung dengan dokter spesialis obgyn. Jika berdasarkan pemeriksaan dokter ditemukan rahim Anda memang masih bisa untuk mengandung janin maka tetaplah berusaha melanjutkan program hamil. Dokter mungkin juga nantinya menganjurkan alternatif lain untuk mendapatkan anak, misalnya melalui program bayi tabung, meski hal tersebut juga tidak ada jaminan 100% hamil.

    Hiperplasia endometrium terjadi dikarenakan ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh. Penyebabnya bermacam-macam, diantaranya yaitu:

    1. Penggunaan obat hormonal seperti estrogen

    2. Obesitas atau kegemukan

    3. Penyakit-penyakit seperti Sindrom Polikistik Ovarium, diabetes, atau penyakit kelenjar tiroid

    Gejala yang ditimbulkan yaitu:

    - Siklus haid tidak teratur

    - Darah haid lebih banyak dan lebih lama

    - Perdarahan setelah menopause

    Pada kasus-kasus yang dicurigai ke arah kanker maka dokter biasanya sangat menganjurkan untuk dilakukan untuk operasi pengangkatan rahim.

    Artikel yang juga berkaitan dengan topik Anda

    Endometriosis

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil