Tanya Dokter

  • Apakah penderita tifus boleh mandi setelah opname?

  • Selamat malam ibu/bapak dokter. Saya ingin bertanya, apakah seorang yg terkena penyakit tifus (sudah cek darah) seperti saya boleh mandi? Karena saya sudah merasa bau sekali 5 hari opname tdk mandi. Dan saya mau juga dok kenapa panas dan sakit kepala saya yg dikarenakan oleh tifus hanya akan reda ketika saya sudah minum obat saja, 5 jam kemudian kambuh kembali, sampai kapan ya dok begini terus? Mohon bantu jawab ya dokter terima kasih..

    Halo Rayna.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, sebenarnya tidak ada larangan untuk seseorang yang sakit tiphus atau setelah menderita sakit tiphus untuk melakukan aktivitas mandi maupun keramas. Oleh karena itu Anda diperbolehkan untuk mandi.

    Untuk mempercepat proses kesembuhan, maka Anda disarankan terus mengikuti saran dan pengobatan dari dokter yang telah merawat anda, disertai dengan melakukan pola hidup untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu dan mudah telan seperti bubur ayam atau sup ayam, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirhat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur.

    Cegah penyakit ini kembali terjadi dengan cara :

    • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan maupun minuman.
    • Pastikan air yang diminum sudah direbus dengan baik.
    • Hindari jajan sembarangan yang tidak diketahui kebersihannya.
    • Hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah, kecuali Anda mengupas atau mencucinya sendiri dengan air bersih.
    • Batasi mengkonsumsi seafood, terutama yang belum dimasak.

     

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati