Tanya Dokter

  • wajah gatal setelah menggunakan V-C injection

  •  natasa
    Anggota

    Halo dok,

    Saya mau bertanya, sekarang lagi booming yang namanya V-C Injection. Saya baru beli dok. Sebenarnya ini untuk disuntikan ke tubuh tapi karna saya tidak berani untuk suntik maka saya gunakan sebagai serum wajah. Saat ini saya baru saja menggunakannya sebagai serum wajah untuk pertama kalinya. Lalu setelah saya olesi ke wajah, tidak lama kemudian wajah saya rada gatal dan sedikit perih. Apakah memang seperti ini reaksi pada pemakaian pertama? Lalu, apakah v-c injection (saya jadikan sebagai serum wajah) bisa dipakai setiap hari? Sebaiknya bagaimana dok? Apakah v-c injection mampu menghilangkan jerawat? Terima kasih dok.

    Hallo Natasa

    Setiap suatu zat yang mengenai atau masuk kedalam akan memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini karena proses mekanisme tubuh terhadap paparan zat tersebut tidak selalu sama, sehingga ada yang menggunakan suatu produk tanpa adanya efek samping namun pada orang lain malah timbul gatal, nyeri, gangguan organ, hingga kejang.

    V-C injection adalah suatu vitamin C dosis tinggi dalam bentuk cairan untuk di suntik didalam tubuh, tentu saja obat ini tidak dirancang khusus untuk dioleskan kepermukaan kulit secara langsung.

    Perlu diketahui obat oles memiliki kandungan zat lainnya (semacam pelarut) yang membuat obat tersebut akan mudah di serap melalui permukaan kulit. Maka itu obat minum maupun obat suntik apabila di oleskan ke permukaan kulit tidak akan terlalu efektif apabila di bandingkan dengan obat oles, meskipun isi utama dari obat kulit/minum/suntik tersebut sama.

    Maka itu Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter dahulu secara langsung untuk dievaluasi kondisi apakah yang sebenarnya Anda alami, apakah iritasi atau alergi akibat obat tersebut atau karena adanya kondisi medis lainnya.

    Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sebenarnya tidak terlalu besar, cukup dengan konsumsi makanan bergizi seimbang yang didalamnya ada sayuran dan buah maka kebutuhan harian akan vitamin C akan terpenuhi. Pemberian vitamin C dosis tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti mual-muntah, nyeri ulu hati, keram perut, sakit kepala dan efek lainnya yang akan semakin tinggi risiko terjadinya seiring dengan besarnya dosis yang diberikan. Akan tetapi jika pemakaiannya sudah lebih dari 2000 mg dalam sehari akan berpotensi menyebabkan batu ginjal dan diare berat.

    Vitamin C tidak secara langsung menhilangkan jerawat, vitamin C merupakan antioksidan yang akan menangkal radikal bebas pemicu terjadinya jerawat selain itu vitamin C juga akan memperbaiki daya tahan tubuh sehingga membantu pemulihan kulit yang telah berjerawat, akan tetapi dosis besar vitamin C justru bisa berbahaya seperti yang sudah di jelaskan diatas.

    Untuk mengatasi jerawat sebaiknya dengan metode yang tepat seperti berikut ini

    • Menggunakan produk bebas yang memiliki kandungan asam salisilat, sulfur, dan juga benzoil peroksida
    • Penggunaan produk dengan kandungan alkohol dan atau aseton, namun hati-hati untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering, karena bisa menyebabkan kulit menjadi semakin kering
    • Mencuci wajah 2x sehari, kalau berlebihan justru malah membuat iritasi, selain itu hindari penggunaan produk pembersih wajah dengan scrub apabila sedang ada jerawat.
    • Gunakan kosmetik yang berbahan dasar air atau yang memiliki label non-comedogenic
    • Saat menggunakan riasan/make up diharapkan tidka terlalu tebal dan pastikan membersihkannya sebelum tidur


    Artikel terkait untuk disimak


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold