Tanya Dokter

  • apakah penuaan dini akibat pemutih bisa diobati?

  •  najib
    Anggota

    maaf dok, teman saya memiliki masalah wajah, kalau dilihat wajahnya tampak kasar dan keriput. katanya dulu dia terlalu sering menggunakan pemutih wajah, apakah bisa kondisi wajah tersebut dapat diobati, terima kasih.

    Hai,   Untuk mengetahui dengan pasti kelainan kulit teman Anda maka sebaiknya teman Anda melakukan pemeriksaan kulit ke dokter kulit. Dokter akan menilai dan menganalisa kelainan kulit dan memberikan terapi yang baik dan sesuai untuk kelainan kulit tersebut. Penuaan dini bia terjadi pada siapa saja tanpa penyebab yang jelas, namun sering diasosiasikan dengan :

    1. perawatan kulit yang buruk = tidak membersihkan make up, jarang menggunakan pelembab, menggunakan produk kulit sembarangan dll
    2. sering terekspose sinar matahari = bekerja dibawh sinar matahari terlalu sering tanpa tabir surya.
    3. kurang cairan / dehidrasi.
    4. stres psikis.
    5. salah pilih kosmetik = alergi / iritasi berlebih akibat produk kulit, menggunakan kosmetik kadaluarsa dll.
    6. penyakit sistemik tertentu
    7. dll.
    Untuk menghilangkan gejala penuaan dini seperti keriput, garis garis halus, bercak kehitaman, bintik putih dan kulit kering kasar maka pemeriksaan dan beberapa tes medis bisa membantu menegakkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan yang sesuai bisa diberikan. Beberapa jenis pengobatan yang bisa dokter kulit sarankan untuk memudakan kembali kulit ( rejuvenation ) bisa berupa :
    1. Obat krim oles
    2. Obat minum
    3. Peeling
    4. Microdermabrasi
    5. Laser
    6. Injeksi botox
    7. Metode tanam benang
    8. Operasi plastik
    9. dll
    Pilihan terapi akan disesuaikan dengan kondisi masing masing individu dan kelainan kulit masing masing. Baca bahasan terkait : Semoga membantu.   dr. Yusi