Tanya Dokter

  • Mata menjadi kuning, perut bagian tengah sakit, dan sering mual apakah itu hepatitis?

  • Malam dok .. Mau tanya klo bagian putih mata berubah menjadi kuning dan perut bagian tengah sakit dan sering mual apakah itu hepatitis dok? Tapii gejala ini tidak di sertai dengan demam dan telapakan tangan pun tidak kuning.. Hanya saja air kencing menjadi gelap.. Sudah mengkonsumsi vit curcuma tablet 1x shari tapi tidak ada perubahan .. Mohon info nya dok.. Thanks..

    Halo,   Ya, bisa saja gejala yang Anda alami disebabkan oleh hepatitis. Hepatitis adalah peradangan pada sel liver dikarenakan infeksi virus hepatitis. Terdapat beberapa jenis penyakit hepatitis antara lain adalah :

    1. hepatitis A = hepatitis yang disebabkan virus hepatitis A, bisa sembuh sempurna dengan pengobatan dan isitrahat.
    2. hepatitis B
    3. hepatitis C
    4. Hepatitis D dan E. = jarang dikenal, biasa terjadi bersamaan dengan hepatitis B.
    Untuk mengetahui tipe hepatitis Anda maka pemeriksaan darah akan diperlukan untuk mengecek jenis infeksi hepatitis yang Anda alami. Gejala hepatitis A biasanya timbul segera setelah terinfeksi (akut) dengan keluhan :
    1. Mual- muntah.
    2. Lemas
    3. Mata menjadi kuning disertai bagian tubuh lain seperti kuku, telapak tangan dan kulit badan.
    4. BAK menjadi kecoklatan seperti teh.
    5. Demam ringan.
    karena gejala cukup jelas biasanya penanganan bisa langsung diberikan dan pasien akan membaik dalam waktu 2-4 minggu tergantung dari daya tahan tubuh dan kecepatan penanganan dari sejak pasien terinfeksi. Sementara pada hepatitis B dan C, gejala awal tidak timbul sejelas seperti hepatitis A, biasanya pasien tidak mengeluh sampai kondisi liver menjadi buruk dan bisa menyebabkan keluhan seperti hepatitis A akut disertai dengan kondisi liver yang sudah parah. Selain hepatitis, penyebab lain kondisi Anda bisa juga disebabkan :
    1. radang empedu
    2. Penyumbatan saluran empedu atau portal hepatobiliaris ( penghubung antara liver dan empedu)
    3. dll.
    Maka dari itu sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat dan melakukan pemeriksaan medis seperti tes darah, tes urin dan USG. Dengan melakukan pemeriksaan diatas maka penyebab dari keluhan Anda bisa diketahui dan segera diberikan penanganan sesuai. Untuk perawatan di rumah, Anda bisa melakukan beberapa hal yakni :
    • Makan nutrisi seimbang, makan lunak dengan porsi kecik tapi sering.
    • Banyak minum air putih.
    • Minum jahe manis atau teh manis untuk membantu mengurangi mual.
    • Istirahat cukup, hindari aktivitas terlalu berat.
    • minum obat hepatoprotektor seperti HP pro, curcuma dll.
    • Menghindari kontak cairan tubuh terhadap orang lain. Misal : memisahkan peralatan makan, sikat gigi, handuk, anting dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Nila Kurnijanti  Nila Kurnijanti
    Anggota

    Gejalanya seperti hepatitis A dok.. Sudah berobat ke dokter dan di beri obat tpi setelah mengkonsumsi obatnya 2 harii badan jdi panas dan sendi2 sakit dok.. Saya juga mengkonsumsi temu lawak dok tpi perut terasa perih dan kembung.. Apakah itu berbahaya dok?? Cara efektif apakah supaya bisa sembuh total dari sakit ini dok?? Mohon infonya .. Trimakasih

    Nila Kurnijanti  Nila Kurnijanti
    Anggota

    Nila Kurnijanti August 11, 2015 at 11:06 pm Gejalanya seperti hepatitis A dok.. Sudah berobat ke dokter dan di beri obat tpi setelah mengkonsumsi obatnya 2 harii badan jdi panas dan sendi2 sakit dok.. Saya juga mengkonsumsi temu lawak dok tpi perut terasa perih dan kembung.. Apakah itu berbahaya dok?? Cara efektif apakah supaya bisa sembuh total dari sakit ini dok?? Mohon infonya .. Trimakasih