Tanya Dokter

  • Sakit sendi tangan dan kaki disertai pembengkakan ketika malam hari

  •  khanza
    Anggota

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Dok saya ingin bertanya , Ibu saya beberapa minggu ini mengalami sakit pada persendian tangan dan kaki dan mengalami pembengkakan ketika malam hari, dan mengalami sakit disekujur tubuh ketika di cek darah , asam urat, dan gula semuanya dalam keadaan normal .

    Apakah ini termasuk rematik?

    Bagaimana cara penangananya ?

     

    Terima kasih

     

    Halo, Kemungkinan Ibu Anda mengalami penyakit rematik (arthritis) tetap ada. Penyakit rematik adalah penyakit inflamasi/ pembengkakan pada daerah persendian. Persendian banyak dijumpai pada tubuh bagian anggota gerak (tangan dan kaki). Gejala rematik yaitu:

    • Nyeri dan kaku pada sendi terutama pada pagi hari
    • Pembengkakan pada sendi yang sakit
    • Kemerahan pada sendi yang sakit
    • Terbatasnya gerakan sendi yang terkena
    Penyebab rematik bisa bermacam-macam, yaitu: Jadi, rematik tidak selalu disebabkan oleh asam urat. Penyakit rematik juga harus dibedakan dengan: Obat-obatan untuk penyakit rematik:
    • NSAID, antinyeri, misalnya meloxicam
    • Kortikosteroid
    • Kasus berat:methotrexate
    Anda dapat mengajak Ibu Anda untuk kontrol ke dokter sehingga mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, lab darah, foto rontgen dan MRI jika diperlukan. Saran untuk Ibu Anda:
    • Berolahraga teratur, misalnya yoga, senam, jogging
    • Mengurangi stress
    • Pola makan yang seimbang
    Untuk lebih jelasnya, bukalah link berikut: Rematik Semoga berguna, dr.Miranti Iskandar  

    khanza  khanza
    Anggota

     

    • NSAID, antinyeri, misalnya meloxicam
    • Kortikosteroid
    • Kasus berat:methotrexate
    Apakah obat - obat ini ada efek sampingnya jika dikonsumsi terus menerus ? apakah bisa diganti dengan <span class="st">Habbatussauda dan Jelly Gamat Gold ???? </span>  

    Halo, Setiap obat biasanya ada efek yang berguna dan ada juga efek samping. Tidak semua efek samping selalu muncul, beberapa orang yang mengonsumsi obat yang sama tidak selalu mengalami efek samping sama atau bahkan ada juga yang tidak mengalami efek samping. Efek samping obat NSAID misalnya nyeri lambung, peningkatan tekanan darah, sakit kepala. Efek samping obat kortikosteroid misalnya osteoporosis, nyeri lambung.Efek samping methotrexate misalnya perdarahan lambung. Dokter akan mempertimbangkan untung dan rugi setiap pemberian obat. Jika keuntungannya melebihi risiko efek sampingnya, maka obat akan tetap diberikan sesuai kondisi klinis yang dialami dan dengan dosis tertentu. Mengenai jelly gamat gold Anda dapat membuka diskusi ini: Jelly Gamat Habbatussauda (Nigella sativa = jintan hitam) merupakan herbal yang saat ini digunakan pada kondisi gangguan saluran cerna misalnya: ambeyen, diare, konstipasi, gangguan saluran napas, misalnya: asma, bronkitis, alergi, gangguan rematik dan dipercaya juga sebagai antikanker. Menurut penelitian ilmiah, Nigella sativa mungkin berguna untuk: asma. Terjadi perbaikan gejala seperti batuk, mengi dan fungsi paru yang membaik, tetapi belum seefektif obat asma seperti teofilin, aminofilin, dll. Selain itu, belum cukup bukti-bukti ilmiah kalau Nigella sativa berguna pada alergi, sakit kepala, kolesterol tinggi, bronkitis, mencegah kanker, rematik, memperbanyak ASI, dll. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kegunaan suplemen ini. Ibu Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan memperhatikan bahwa suplemen tersebut terdaftar di BPOM. Selain itu, diskusikan dengan dokter Anda apakah suplemen tersebut bisa dikonsumsi. Dokter akan mempertimbangkannya berdasarkan kondisi medis dan obat-obat yang sedang dikonsumsi. Artikel ini dapat dibaca: Panduan mengonsumsi obat herbal Semoga berguna, dr.Miranti Iskandar