Tanya Dokter

  • Sakit sendi tangan dan kaki disertai pembengkakan di malam hari

  •  khanza
    Anggota

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Dok saya ingin bertanya , Ibu saya beberapa minggu ini mengalami sakit pada persendian tangan dan kaki dan mengalami pembengkakan ketika malam hari, dan mengalami sakit disekujur tubuh ketika di cek darah , asam urat, dan gula semuanya dalam keadaan normal .

    Apakah ini termasuk rematik?

    Bagaimana cara penangananya ?

     

    Terima kasih

    Hai, Bisa saja keluhan tersebut merupakan rematik. Rematik merupakan penyakit di mana timbul rasa sakit akibat pembengkakan dan peradangan sendi atau otot. Jenis rematik yang sering terjadi diantaranya:

    Usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Lakukan olahraga secara rutin, sebaiknya melakukan olahraga yang tidak terlalu memberi beban pada persendian seperti berenang, berjalan, atau bersepeda. Jika memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk mengurangi berat badan. Keluhan nyeri karena rematik dapat diberikan penanganan dengan obat antiinflamasi non steroid dan obat pereda nyeri. Sebaiknya ibu Anda periksa ke dokter terlebih dahulu. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah atau sinar X dapat membantu untuk mengetahui penyebab medis yang terjadi. Sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat. Anda dapat membaca lebih lanjut halaman Rematik.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto