Tanya Dokter

  • penyebab sering pilek disertai mata merah dan sakit kepala

  • Selamat pagi dokter. Saya Firyal Qanitah dari kalimantan timur ,, dan saya ingin bertanya . Saya menderita pilek dari umur saya 5 tahun dok sampe sekarang umur saya sudh 17 tahun ,, sya belum pernah berobat dok saya cuma beli obat diapotik saya lupa obat itu apa namanya dan ibu saya kadang memberikan saya CTM yg bewarna kuning ,, Saya mengalaminya di wktu tertentu dok ,, spt setiap bangun tdr,sehabis mandi ,disore hari,dan malam hari sebelum tidur .saya akan bersin berulang kali , dan mata saya smpai memerah disertai sakit kepala dok , hal ini sudh saya rasakan selama 13 tahun ,, kadang ketika saya kumat ,, asma saya juga ikutan kumat dok ,, karna saya juga punya riwayat asma .

    Mohon dijawab ya Dokter. Terimakasih

    Siang Firyal, Terima kasih sudah bertanya di alodokter. Dari keluhan yang Kamu ceritakan yaitu sering pilek terutama saat bangun tidur, sehabis mandi, malam hari, sering bersin, sakit kepala, memiliki riwayat asma, kemungkinan besar Kamu memiliki alergi terhadap zat atau kondisi tertentu. Alergi merupakan respon <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Gejala yang muncul apabila terpapar substansi tersebut persis seperti yang Kamu keluhkan. Cara paling ampuh dalam menanganinya adalah: mengetahui pemicu alergi dan berusaha menghindarinya.</span> Pada kasus Kamu, kemungkinan pemicu alerginya adalah suasana dingin, jadi aturlah suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, jika Kamu tidak dapat mengatur suhu ruangan, gunakan pakaian yang lebih tebal ataupun selimut saat dingin, misalnya di malam hari, subuh. Mandi lah menggunakan air hangat, jaga kebersihan tempat tinggal agar terbebas dari debu, karena debu sering menjadi faktor pemicu alergi. Cuci secara teratur sprei, sarung bantal, selimut dan handuk. Hindari paparan asap rokok, asap kendaraan, rutin berolahraga misalnya berenang, bersepeda. Berikut beberapa keadaan yang mungkin terjadi:

    Apabila Kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas namun keluhan masih ada, sebaiknya periksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan anamnesis (tanya jawab dokter-pasien), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti tes alergi. Setelah diketahui penyebab yang mendasari keluhan Kamu, maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Demikian semoga bermanfaat, dr.Annes