Tanya Dokter

  • Bahaya hubungan intim saat menstruasi

  •  ayu fajriani
    Anggota
    Selamat siang dok Saya ingin berkonsultasi Saya kira saya sedang hamil karena sudah telat 4 hari dan ternyta saya haid Awalnya memang ada flek (seperti darah tp setitik dua titik berwarna kecoklatan) saya dengar ciri2 kehamilan akan keluar flek karna sedang proses penempelan calon janin ke dlm rahim maka dari itu saya tenang2 saja dan ternyata setelah telat 4 hari saya telat.saya haid banyak sekali sampai pinggang saya sakit sekali selama 2 hari Setelah saya merasa sdh bersih (tdk haid) saya berhubungan seks dengan suami Tetapi besoknya setelah itu ternyta saya masih keluar darah tp sedikit sekali Apakah itu berarti saya berhubungan seks dalam keadaan haid? Krna saya tdk tahu Kira2 apa resiko nya ya dok??

    Halo Ibu Ayu, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Memang benar bahwa pada beberapa wanita,  dapat terjadi perdarahan flek singkat 1-2 hari (tidak banyak) saat terjadi implantasi embrio ke dinding rahim, akan tetapi jika Anda kemudian haid maka tentu penyebab flek itu bukan implantasi tadi.

    Sebenarnya tidak ada larangan untuk berhubungan seksual saat menstruasi secara medis. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa pada saat menstruasi, maka mulut rahim terbuka lebih lebar sehingga bakteri/kuman akan lebih mudah masuk ke dalam rahim dan meningkatkan resiko-resiko tertentu seperti infeksi rahim, meski hal itu tidak banyak terjadi. Akan tetapi ternyata hubungan seksual saat mens juga memiliki keuntungan seperti dapat membantu mengurangi nyeri haid.

    Pada dasarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, pastikan saja Anda menemui doktger jika menemui tanda-tanda :

    • demam
    • nyeri perut bawah hebat yang tidak membaik dengan anti nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen
    • perdarahan berkepanjangan
    • cairan berbau , apalagi berbau busuk dari jalan lahir

    Baca tautan berikut untuk informasi lebih lanjut :

    hubungan seks saat menstruasi

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    dr. Lili