Tanya Dokter

  • Apakah saat sedang haid bisa berhubungan badan

  •  Oland KenZaki
    Anggota

    saya mau tanya dokter, saat istri saya sedang haid apakah tidak apa-apa jika kami melakukan hubungan intim. terimakasih

    Halo, Hubungan intim merupakan sebuah proses berkomunikasi yang selayaknya hanya dilakukan oleh pasangan suami istri demi memuaskan hasrat satu sama lain. Dari segi medis terdapat positif dan negatif bila melakukan hubungan intim pada saat mentruasi. Positifnya:

    • Pada saat melakukan hubungan intim, bila istri dapat menikmati hubungan tersebut, maka tubuh akan menghasilkan endorfin. Endorfin dapat memberikan rasa nyaman dan senang, selain itu dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh menstruasi.
    • Dalam beberapa kasus didapatkan bahwa wanita akan lebih bergairah pada saat sedang menstruasi, hal ini disebabkan perubahan hormonal yang sedang terjadi. Sehingga akan memberikan kepuasan dan pengalaman tersendiri.
    Sisi negatif berhubungan intim saat menstruasi adalah tingginya kemungkinan terjadi infeksi, rasa tidak nyaman dikarenakan adanya darah yang keluar dan terbukanya leher rahim sehingga dengan mudah dapat terjadi penetrasi. Selain melakukan hubungan seksual lewat vagina, dapat dilakukan variasi hubungan seksual dengan cara lain, yang dapat dibaca pada artikel fakta bercinta saat mentruasi. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama