Tanya Dokter

  • Apakah penyakit gondok beracun mengakibatkan kematian?

  •  Alfa zhafira
    Anggota

    Dok, kakak sy mengalami penyakit gondok racun sejak 2tahun terakhir. Sampai sekarang dia masih mengkonsumsi obat propylthiouracil. Seminggu ini ada benjolan d lehernya sebelah kanan. Apakah benjolan itu berbahaya? Apakah penyakit ini jenis penyakit yg berbahaya dan mematikan? Mohon infonya dok :-)

    Halo, Gondok beracun disebut juga dengan hipertiroid. Hipertiroid merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif. Terapi hipertiroid di antaranya memang adalah pemberian obat anti tiroid yaitu PTU (Propylthiouracil). Untuk mengetahui apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, pertama-tama harus dipastikan terlebih dahulu apakah penyebab benjolan di leher sebelah kanan tersebut. Apakah memang karena pembesaran kelenjar tiroid ataukah karena adanya pembesaran kelenjar getah bening. Karena masing-masing tentu berbeda baik penanganan maupun perkiraan kesembuhannya. Untuk hipertiroid sendiri, jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan komplikasi yang cukup serius seperti :

    • Gangguan pada jantung
    • Kehilangan penglihatan
    • Osteoporosis
    • Krisis tirotoksikosis di mana seseorang dapat mengalami penurunan kesadaran
    Silahkan diskusikan hal tersebut dengan dokter yang menangani saudara Anda. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan apakah penyebab dari benjolan tersebut dan juga dokter akan mempertimbangkan terapi yang tepat. Artikel tentang gondok Semoga membantu, dr. Tri