Tanya Dokter

  • Kemungkinan terjadi kehamilan

  •  PutriSInyo
    Anggota

    Selamat pagi Dok, saya berusia 18 tahun, masa menstruasi saya tgl 22 oktober ,lalu saya berhubungan sexsual tgl 5 nopember dan semua sperma yg dimasukan didalam tidak ada yg tumpah keluar dok, apakah akan mudah hamil atau tidak ya Dok... Terima Kasih

    Hai PutriSInyo. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Kehamilan dapat terjadi ketika terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel telur pada masa subur dimana rahim dalam kondisi siap dibuahi. Untuk mamastikan apakah anda hamil atau tidak anda dapat melakukan test pack 8 hari setelah berhubungan, atau jika anda mengalami telat menstruasi.

    Tanda-tanda kehamilan yang wajib diketahui yaitu  :

    • Tanda Mungkin Hamil : telat menstruasi, mual muntah, mual pada pagi hari, payudara terasa nyeri dan kencang, perasaan merasakan gerakan janin, sering kencing, Sulit buang air besar, penambahan berat badan, dll
    • Tanda tidak pasti kehamilan : perut membesar, rahim membesar, hasil test kehamilan positif, dll
    • Tanda Pasti Kehamilan : terdengar denyut jantung bayi dengan alat dan USG, adanya gerakan janin yang dapat dilihat, dirasakan  dan diraba serta ditemukanbagian-bagian janin.

    Kehamilan merupakan proses yang panjang dan memerlukan persiapan tidak hanya dalam bentuk dana namun juga mental. Jika anda dan pasangan resmi (suami) anda memang melakukan program hamil sebaiknya anda juga dapat berkonsultasi ke dokter kandungan. Namun berhubungan sebelum menikah, di Indonesia merupakan perbuatan yang melnaggar norma, dan dapat berakibat pada psikologis, keluarga, pendidikan, dll. untuk itu jangan dilakukan karena selain melanggar norma juga dapat menyebabkan infeksi menular seksual apalagi bila tidak diketahui riwayat seksual dari pasangan atau sering berganti pasangan.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian