Tanya Dokter

  • Apakah saya bisa hamil, setelah suntik kb 1 bulan?

  • Assalamualaikum dok, saya mau bertanya, umur saya 16 tahun, satu hari sebelum saya kawin, saya suntik kb 1 bulan, sblm saya d suntik kb, saya di suntik tetanus, setelah d suntik tentanus, baru di suntik kb, setelah 1 bulan kemudian sampailah masa habisnya kb saya, setelah it saya tdk melakukan suntik lagi, tp setelah 8 bulan pernikahan saya, saya blm hamil juga, padahal saya sering berobat, setiap saya berhubungan dng suami saya, suami saya memasukkan spermanya d dalam tetapi sperma suami saya keluar dan tidak mau tinggal di dalam, krn bnyak orang bilang, jika kita sudah melakukan suntik kb, kita tidak bisa hamil Solusinya dok : apakah saya masih bisa hamil??

    Halo,

     

    Anggapan bahwa jika Anda melakukan suntik Kb maka Anda tidak bisa hamil adalah sebuah mitos yang tentu tidak benar adanya.

    Kehamilan bisa terjadi jika Anda dan pasangan memiliki kondisi organ reproduksi yang sehat dimana sel sperma bisa membuahi sel telur tanpa adanya komplikasi lain.

    Penyuntikan Kb 1 bulan yang hanya Anda lakukan sekali saja bukanlah alasan kenapa Anda belum  hamil saat ini.

    Sperma yang dikeluarkan didalam saat hubungan intim memang tidak semuanya akan masuk kedalam rahim. Sebagian besar akan keluar melalui liang vagina dan ini adalah hal yang normal.

    Untuk mempermudah kehamilan maka kenali masa subur Anda, apakah siklus menstruasi Anda teratur? Jika ya maka Anda bisa mengenali masa subur dengan cara =

    1. Metode  kalender dari HPHT.
    2. Memperhatikan lendir servik vagina.
    3. Mengukur suhu basal.
    4. menggunakan strip test khusus untuk mengetahui masa ovulasi.

    Dengan melakukan hubungan intim saat masa subur maka kemungkinan Anda untuk hamil akan menjadi lebih besar. Jika setelah 1 tahun mencoba progran hamil tanpa ada hasil maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan bersama dengan pasangan Anda. Dokter akan melakukan tes kesuburan kepada Anda dan pasangan untuk mencari adakah kondisi lain yang mengganggu program hamil Anda.

    Lakukan olahraga, jaga pola hidup sehat, makan nutrisi seimbang dan kelola stress.

     

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi