Tanya Dokter

  • Apakah saya boleh berhenti mengonsumsi proneuron?

  •  Arahma
    Anggota

    Asslaamualaikum Dok, beberapa hari yang lalu saya mengalami semacam otot tertarik (mungkin kejang) di bagian telinga, sehingga saya diresepkan Proneuron yang mengandung metsmizole 500 mg dan diazepam 2mg. Setelah mengetahui efek diazepam, saya berniat untuk berhenti minum karena akhir-akhir ini saya sudah tidak merasakan kejang tersebut lagi. Obatnya tinggal beberapa tablet. Apakah boleh dok? Apa saya tidak akan mengalami kejang lagi? Saya tidka tahu apakah obat tsb harus habis atau tidak. Untuk info saja, bersamaan dengan itu saya diberikan levofloxacin 500 mg, lindan clindamycin 300, dan blecidex.

    Hai, Jika sudah tidak nyeri proneuron boleh dihentikan.Levofloxacin dan clindamicin adalah antibiotik. Levofloxacin dikonsumsi selama 3- 14 hari sedangkan clindamicin 5 -14 hari tergantung berat ringannya infeksi. Komposisi blecidex adalah antibiotik dan dexamethasone. Antibiotik sebaiknya dihabiskan untuk mencegah resistensi kuman. Dexamtehasone adalah kortikosteroid untuk mengurangi proses peradangan. Penyebab kejang otot daerah telinga:

    1. Sumbatan kotoran pada liang telinga
    2. Infeksi daerah telinga
    3. Infeksi di mulut dan gigi
    4. Gangguan pada sendi rahang
    5. Gangguan otot daerah sekitar telinga
    Kambuh atau tidaknya kejang di telinga tergantung pada penyebab dasar dari kejang tersebut. Jika penyebabnya sudah tidak ada, maka kemungkinan kecil kejang tersebut tidak akan kambuh lagi. Jika antibiotik sudah habis dan masih merasakan gejala serupa, kontrol kembali ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda. Salam, dr.Agnes Maureen