Tanya Dokter

  • Apakah saya depresi ?

  • Malam dok , Saya wanita berusia 22th saya banyak mengalami tekanan dan guncangan semenjak saya masih kecil . saya merasa sangat tertekan , sedih dan jika ada masalah saya marah dengan menangis melempar barang dan menjerit jerit . perasaan tertekan dan cemas serta rasa sakit di dada saya rasakan ketika saya ada masalah , sering berbicara sendiri dan tertawa sendiri tanpa saya tahu penyebabnya . saya cemas jika berada di tempat yang sempit , mudah menangis lalu bersemangat lalu menangis lagi . apakah saya menderita penyakit jiwa ? Dmanakah saya bisa berobat ? Berapakah biaya yang saya harus keluarkan ? Saat ini saya tdk mengkonsumsi obat anti depresan apapun . hanya berdoa dan beribadah untuk menenangkan diri . mohon dijawab dok . Many thanks ?

    Hai Putri, Keadaan dimana seseorang merasa terlalu sedih dan tertekan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari disebut dengan depresi. Sedangkan keadaan dimana seseorang dengan mood yang mudah berubah misalnya keadaan sedih dan tiba-tiba menjadi bahagia disebut dengan keadaan bipolar. Namun, untuk melakukan diagnosis terhadap status mental seseorang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis jiwa/psikolog sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat. Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Menceritakan masalah anda dengan orang yang anda percaya
    • Mendekatkan diri dengan kegiatan keagamaan
    • Melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti berolahraga dan mengokuti kegiatan sosial
    • Jika tiba-tiba merasa sedih sebaiknya anda melakukan bpengalihan perhatian seperti refreshing dan melakukan hal yang anda sukai.
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Depresi  Bipolar Kesehatan mental Semoga membantu dr. Yosephine