Tanya Dokter

  • merasa sedih berkepanjangan

  •  nisao
    Anggota
    hai dok. saya akhir2 ini sering merasa sedih berkepanjangan, memikirkan hal2 yg seharusnya tdk saya pikirkan, bahkan kadang saya tidak tahan dan berfikir untuk mengakhiri hidup. tp itu hanya pikiran saya. apakah ada penyakit seperti yg saya lkukan ? apakah saya depresi?

    Halo nisao......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami memang dapat mengarah ke suatu gangguan psikologis yang dalam dunia medis disebut sebagai depresi, di mana hal ini merupakan suatu gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya terus menerus merasa sedih.

    Berbeda dengan kesedihan biasa yang umumnya berlangsung selama beberapa hari, depresi menimbulkan kesedihan yang dapat berlangsung hingga berminggu - minggu ataupun berbulan - bulan.

    Berikut ini beberapa gejala psikologis yang menyertai depresi, selain rasa sedih berlarut-larut, yaitu : kehilangan ketertarikanku atau motivasi untuk melakukan sesuatu, merasa sangat bersalah dan khawatir berlebihan, tidak dapat menikmati hidup, kehilangan rasa percaya diri, sulit membuat keputusan, mudah tersinggung, memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

    Sedangkan dampak depresi terhadap kesehatan fisik diantaranya adalah : gangguan tidur, lelah, berbicara atau bergerak menjadi lebih lambat, perubahan siklus menstruasi pada wanita, sembelit, nafsu makan turun atau meningkat secara drastis, merasa sakit atau nyeri tanpa sebab.

    Kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater, dan mendiskusikan masalah ini, agar anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan tepat dapat segera di berikan kepada Anda.

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    DEPRESI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati