Tanya Dokter

  • apakah saya hamil?

  •  handa1992
    Anggota

    Siang  dok, saya mau tanya, setelah nifas setiap saya berhubungan selalu sperma dikeluarkan diluar. Saat ini saya masih menyusui anak saya yang usianya baru 4 bulan. yang saya ingin tanyakan: 1. kapan biasanya haid keluar lagi setelah nifas? karena saya mengalami nifas kurang lebih 2 bulan (kadang keluar kadang tidak selama 1 minggu) dan setelah itu tidak pernah haid lagi sampai sekarang 2. Apakah saya hamil dok? karena saya belum pakai KB. sewaktu saya mau pakai IUD, bidan menyarankan agar menunggu haid datang lagi. Apakah tidak bisa pakai IUD kalo belum dapat haid lagi?

    Hai 1. Selama Anda menyusui bayi secara rutin, maka Anda tidak akan haid dikarenakan selama menyusui terjadi pengeluaran hormon prolaktin yang dapat menekan hormon estrogen sehingga biasanya tidak terjadi haid. Justru ini merupakan salah satu efek positif dari menyusui dimana dapat menjadi KB alami yang disebut metode amenore laktasi (MAL). 2. Bila Anda belum haid sejak masa nifas dan tetap rutin menyusui kemungkinan hamil sangat kecil, seperti yang telah dijelaskan diatas menyusui dapat menjadi KB alami selama Anda belum haid dengan tingkat keberhasilannya mencapai 98% sehingga Anda tidak membutuhkan KB lain seperti IUD, pil atau suntik minimal selama 6 bulan ASI eksklusif bayi. Namun KB alami dengan menyusui ini mempunyai beberapa syarat seperti:

    • Belum pernah haid sejak melahirkan atau masa nifas
    • Selalu rutin menyusui tanpa diselingi susu formula
    • Pada saat 6 bulan pertama, ASI ekslusif.
    Untuk pastinya sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu pada dokter. IUD bisa langsung digunakan setelah melahirkan. Bidan Anda menganjurkan setelah haid, kemungkinan karena seperti yang dijelaskan diatas dan juga dengan pertimbangan pemasangan IUD lebih mudah dan tidak nyeri pada saat haid. Bila diperlukan KB sebaiknya jenis KB yang digunakan tidak mempengaruhi produksi ASI seperti Pil KB kombinasi dan KB suntik 1 bulan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mengapa memilih menyusui? Memilih alat kontrasepsi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william