Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur setelah pakai KB

  •  Kurmawati
    Anggota

    Selamat siang dokter,

    saya mau nanya, setelah melahirkan berapa bulan selangnya baru bisa haid lagi,,? tgl 25 mei kemarin saya melahirkan anak pertama, masa kotor orang habis melahirkan katanya 44 hari, tapi pas hari ke 50 krluar darah secara berangsur seperti orang haid, apakah itu darah haid atau darah nipas,,? dan, pada bulan september kemarin saya pakai KB suntik 1x3bln tapi saya pakai KB yang tetep mengalami haid, tapi kok dok sampe sekarang sy belum haid juga.
    kira2 kenapa ya dok,,?

    Halo Kurmawati........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, darah nifas atau lokia mirip seperti menstruasi berat, namun jumlahnya banyak. Keluarnya darah nifas dari vagina adalah cara tubuh untuk membuang lapisan rahim dan darah setelah persalinan.

    Masa nifas sendiri dimulai ketika wanita telah mengeluarkan Plasenta dan berlanjut hingga beberapa minggu ke depan yaitu kurang lebih enam minggu. Jika setelah masa nifas Anda mengeluarkan darah dari vagina yang cukup banyak, maka kemungkinan darah tersebut merupakan menstruasi.

    Sedangkan perlu Anda ketahui, salah satu efek sampingan yang paling sering dikeluhkan pada penggunaan KB suntik 3 bulanan adalah tidak terjadinya menstruasi.

    Efek ini umumnya terjadi pada penggunaan jangka panjang, dimana awal penggunaan biasanya menstruasi tidak teratur dan lebih sering, kemudian setelah penyuntikan beberapa kali di jadwal selanjutnya justru tidak terjadi menstruasi sama sekali.

    Hal ini merupakan sesuatu yang normal, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal akibat efek dari hormon suntik KB tersebut. Jika Anda merasa terganggu akan hal ini, maka segeralah mendiskusikannya kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar Anda dapat direkomendasikan alat kontrasepsi yang terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

    Klik artikel di bawah ini sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SUNTIK KB

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati