Tanya Dokter

  • Telat menstruasi dan khawatir hamil

  •  Elvisma Nora
    Anggota
    Malam dok..saya mau brtanya..saya seorang ibu dengan 2 org anak yang masih kecil saya tidak pake alat kontrasepsi..kami pake cara alami saja bulan kemaren saya haid tanggal 3oct trus pd tanggal 29oct kami berhubungan suami saya tembak dalam...dan sampai sekarang sudh tangl 3 nov saya belum haid apakah saya hamil...bagaimana caranya biar saya bisa haid lagi.soalnya anak saya 2 masih kecil2 terima kasih dok

    Dear Elvisma Nora,

    Sebelumnya berapa lama siklus menstruasi Anda? 

    Kemungkinan terjadinya kehamilan akan meningkat apabila dilakukan pada saat masa subur. Untuk mengetahui apakah saat ini Anda mengalami kehamilan atau tidak, yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan test pack.

    Karena saat ini Anda belum mendapatkan menstruasi, hal ini bisa jadi merupakan hal yang wajar karena siklus menstruasi dapat maju maupun mundur dalam beberapa hari.

    Apabila Anda tidak menginginkan terjadinya kehamilan, baiknya Anda menggunakan selalu alat kontraspesi seperti kondom dan atau KB jika memang tidak berencana mendapatkan keturunan dalam waktu dekat. Anda juga bisa mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat.

    Pil kontrasepsi darurat merupakan pil yang dikonsumsi setelah berhubungan intim. Pil ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai 99% untuk mencegah kehamilan bila digunakan secara benar, di mana pil dikonsumsi tidak lebih dari 72 jam sejak hubungan intim dan pil kedua dikonsumsi 12 jam setelah pil pertama. Semakin cepat mengkonsumsi pil, maka efektivitasnya akan semakin tinggi.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra