Tanya Dokter

  • Apakah saya hamil lagi setelah keguguran?

  •  novica alvi
    Anggota
    dok saya mau tanya , saya keguguran tgl 9 september bln kmaren , keguguran berlangsung slama kurang lebih 3 minggu , kmudian d awal bulan oktober saya mengeluarkan darah lg entah itu darah menstruasi atau masih darah keguguran. Saya melakukan hubungan suami istri lagi dan di bulan november ini saya belum mendapatkan menstruasi dan sya tes pack trnyata muncul 2 garis , apakah saya hamil lg dok ,, tlg jwbnnya

    Halo Novica,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Testpack adalah salah satu tes kehamilan yang bertujuan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dari sampel urin. Hormon ini terbentuk ketika kehamilan terjadi. Normalnya, jika testpack menunjukkan kemunculan 2 garis, tidak peduli seberapa samar garis yang kedua, maka dapat hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun, untuk memastikan hasil testpack, Anda tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. 

    Jika baru-baru ini Anda mengalami keguguran, hasil tetspack ini harus dikonfirmasi lebih lanjut dengan pemeriksaan dokter. Dokter perlu melakukan USG untuk melihat apakah terdapat kantung kehamilan yang menandakan kehamilan. Jika ternyata tidak ditemukan kantung kehamilan pada USG, kemungkinan hasil positif testpack ini adalah karena hasil positif pada kehamilan sebelumnya. Hormon hCG dihasilkan oleh plasenta yang akan dilepaskan ke peredaran darah dan urin. Ketika terjadi keguguran, plasenta tidak lagi berfungsi dan tidak memproduksi hormon ini. Walaupun demikian hormon hCG yang sudah terbentuk sebelumnya akan tetap ada di peredaran darah dan urin selama 4-6 minggu. Dengan demikian, jika Anda melakukan testpack maka hasil testpack akan menunjukkan hasil positif.

    Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

    Dr. Aloisia