Tanya Dokter

  • Apakah saya kena PTSD?

  •  Novita Tri
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. Saya dulu waktu kecil pernah mengalami pelecehan dan hingga sekarang saya takut jika berada di tempat sepi.

    Gejala lainnya: cemas, gemetar tidak jelas, suhu tubuh sering dingin, dada sesak(susah bernafas) dan sering melamun, dan kadang kadan menangis sendiri.

    terima kasih dok. saya tunggu jawabanya.

    Halo Novita....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa gangguan stress paska trauma atau dalam bahasa medis lebih dikenal dengan sebutan PTSD ( Post - traumatic stress disorder ) merupakan kondisi kejiwaan yang dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami. Gejala yang dapat timbul dari gangguan PTSD sendiri diantaranya adalah : perubahan emosi ( misal : uring - uringan, melamun, cemas, sulit tidur, selalu waspada, mudah takut === di tempat yang sepi, dll. ), merasa terasing, selalu berpikiran negatif, menjauhi diri dari lokasi yang mengingatkan akan kejadian, bermimpi buruk, dll. Penyebab dari timbulnya PTSD diantaranya adalah :

    • Kecelakaan lalu lintas
    • Bencana alam
    • Tindak kejahatan, misal : pelecehan, pemerikosaan, perampokan, dll.
    • Pengalam di medan perang
    • dsb.
    Kondisi yang Anda alami memang mungkin mengarah ke PTSD dikarenakan penyebab yang mendasarinya ( yaitu : tindakan pelecehan ). Akan tetapi untuk memastikannya, kami sangat menyarankan kepada Anda menemui Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa / Psikiater agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait hal ini, yang meliputi : wawancara, pemeriksaan fisik, tes laboratorium darah apabila diperlukan, dll. Sehingga akhirnya penyebab pasti dari timbulnya keadaan yang Anda alami saat ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : PTSD Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati