Tanya Dokter

  • apakah saya kena sifilis?

  •  ksabhidani
    Anggota

    Dokter, masa lalu saya kurang begitu baik. sekitar 5 tahun lalu saya termasuk orang yang suka gonta-ganti pasangan bahkan kadang menyewa pelacur. Hingga akhirnya tahun 2011 saya berhenti berhubungan seksual sama sekali. Kebetulan saya juga single.

    Nah 3 tahun lalu, saya melakukan cek penyakit kelamin disalah satu lab prodia di kampung melayu. Hasilnya negatif, saya bersih dari penyakit-penyakit tersebut. Hanya saja setelah saya searching di internet. banyak yang bilang bisa jadi saat itu belum terdeteksi.

    Saat ini saya merasa tidak ada masalah sama sekali. Hanya saja hal ini yang terus mengganggu fikiran saya. Apakah mungkin penyakit sifilis ini menjangkit tanpa saya ketahui?

    Hai,   Untuk mengetahui apakah Anda terkena sifilis Anda dapat melakukan pengecekan darah 3 bulan paska eksposure terhadap peyakit tersebut. Jenis pemeriksaan yang Anda perlukan adalah tes darah dan tes cairan pada ulkus (jika ada). Jika ternyata hasil pemeriksaan darah kemarin telah meliputi pemeriksaan sifilis (VDRL, TPHA dll) namun ternyata hasil negatif ( non reaktif) maka kemungkinan Anda tidak menderita penyakit ini saat pemeriksaan yang lalu. Jika Anda masih aktif secara seksual maka tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan kondisi Anda agar Anda tidak khawatir lagi. Baca bahasan Sifilis. Baca topik Sifilis. Berpantang seks bebas, Gunakan kondom dan obati diri Anda sampai tuntas bisa mencegah penularan dan menghindari komplikasi yang tidak diinginkan akibat sifilis serta memperbaiki taraf hidup Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi