Tanya Dokter

  • Sesak napas dan pusing setelah menghirup obat nyamuk

  •  Abid
    Anggota
    Jadi gini dok saya barusan aja ngehirup udara yang campur dengan obat nyamuk karena saya menyemprot dengan jangka waktu yang panjang jadi sekitar 5 menitan saya menyemprotnya. Dan sekitar 10 menit sesudahnya saya merasa sesak nafas dan pusing apakah ini keracunan dok? Ini terjadi barusan dok saya takut. Terimakasih dok tolong jawab secepatnya.

    Halo Abid,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Mengenai pertanyaan anda tentang sesak napas paska menghirup obat nyamuk,obat nyamuk yang tersedia di pasaran ada beberapa jenis seperti obat nyamuk bakar,elektrik,semprot,lotion,biasanya pada penggunaan obat nyamuk bakar,semprot/spray,dan elektrik lebih berisiko untuk menimbulkan keracunan. Obat nyamuk berupa insektisida biasanya mengandung bahan kimia bernama organofosfat,dimana bahan kimia ini jika terhirup dalam jangka waktu lama dan tertelan akan mengakibatkan hal fatal,gejala yang ditimbulkan seperti:
    1. Penurunan kesadaran
    2. Mual dan muntah
    3. Keringat dingin
    4. Lemas,pusing
    5. Sesak napas
    Pada keluhan anda,sangat disarankan anda langsung mencari udara segar (keluar dari ruangan dan menarik napas dalam),tetapi jika keluhan anda menetap sampai dengan 15 menit dan tidak ada perubahan,anda wajib langsung ke UGD di rumah sakit terdekat untuk mecari pertolongan. Untuk mengetahui keracunan atau tidak,biasanya gejala-gejala di atas akan muncul dan terdapat kegawatdaruratan. Beberapa hal yang dapat anda terapkan saat memakai obat nyamuk adalah:
    1. Membaca aturan pakai
    2. Tidak berlama-lama di dekat area penyemprotan
    3. Cuci tangan sebelum dan setelah menyemprot
    Semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen