Tanya Dokter

  • apakah saya menderita ambeien?

  •  berliana
    Anggota

    permisi saya mau tanya..saat buang air besar keluar darah dari anus dan akhir akhir ini sehari bisa 1-2 kali bab.Apa ciri-ciri yang saya alami itu termasuk dari ambeien? trima kasih

    Halo,   Keluar darah dari anus menetes atau bercampur feses? apakah warna darah merah segar, merah tua atau hitam seperti kopi? Keluar darah dari anus perlu diperhatikan bagaimana proses keluar darah , menetes atau tercampur dengan feses, dan warna darah tersebut. Karena keluarnya darah dari anus bisa disebabkan karena :

    1. Wasir
    2. Fisura ani = robeknya anus karena BAB yang terlalu keras.
    3. Luka pada saluran usus besar/ rektum
    4. Tumor usus besar.
    5. Perdarahan saluran cerna = ulkus peptik, dll.
    6. dll
    Namun jika darah yang keluar adalah menetes setelah feses keluar disertai dengan warna yang merah segar- merah gelap maka kemungkinan besar Anda menderita wasir / hemoroid. Pada stadium awal, gejala wasir adalah berupa keluarnya darah dari anus dengan cara menetes dan berwarna merah segar akibat feses yang keras. Baca topik Gejala pada wasir. Gejala wasir adalah :
    1. Feses keras.
    2. Nyeri pada anus dan bisa disertai kemerahan.
    3. Keluar darah menetes dari anus paska BAB.
    4. Benjolan pada anus saat meneran kuat.
    5. Keluarnya mukus/ lendir saat BAB.
    Diagnosis hemoroid bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaaan rektum / colok dubur ke dokter. Dokter akan memeriksa dengan seksama dan memberikan penanganan sesuai dengan keparahan wasir Anda. Penanganan hemoroid bisa dengan menggunakan :
    1. Obat suppositoria.
    2. Obat minum.
    3. Operasi = injeksi sklerosan, ligasi(pengikatan), Pembakaran (kauter) dll.
    Semoga membantu.   dr. Yusi