Tanya Dokter

  • Apakah saya menderita kanker otak?

  • sudah lama saya menderita sakit pada bagian kepala, saya juga sering mual dan muntah. semangat saya berkurang, dan saya sangat mudah melupakan sesuatu. bahkan saat saya sedang mengerjakan sesuatu saya kadang melakukan kesalahan, mulai dari memecahkan piring, dan saya sulit untuk berfikir. setiap mencoba berfikir kepala saya rasanya mau pecah.

    apa ini ada hubungannya dengan kanker otak ? tolong di jawab dok, saya butuh kepastian. saya tidak mau berakhir seperti seorang dalam keluarga saya.

    Chaerunnisa Ibrahim  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Chaerunnisa, Sebaiknya jangan terlalu khawatir sebelum memeriksakan diri ke dokter karena gejala-gejala yang Anda banyak penyebab lainnya yang lebih umum dibandingkan kanker otak. Untuk lebih memahami mengenai kanker otak anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/kanker-otak Sakit kepala yang anda alami dapat saja disebabkan karena hal lain selain kanker otak,misalnya : 1 Kurang istirahat 2 Makanan tertentu (http://www.alodokter.com/sakit-kepala-akibat-makanan-apa-maksudnya) 3 Sakit kepala tegang (http://www.alodokter.com/sakit-kepala-tegang) 4 Tekanan darah rendah ataupun tinggi 5 Depresi 6 Migrain (http://www.alodokter.com/migrain) 7 Dehidrasi 8 Efek samping dari obat obatan atau zat tertentu yang dikonsumsi misalnya kebanyakan mengonsumsi kafein 9 Kekurangan nutrisi tertentu 10 Trauma atau cidera pada kepala 11 Apnea tidur atau kesulitan bernapas saat tidur 12 Anemia 13 ADHD atau kurang atensi/hiperaktif (http://www.alodokter.com/adhd) dan lain-lain Jika gejala telah terjadi lebih dari 1-2 minggu dan tidak menunjukkan tanda-tanda membaik, periksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa Anda secara fisik dan menyarankan tes medis yang bisa memperjelas penyebab kondisi Anda seperti tes darah, CT scan kepala dan lain-lain. Yang dapat Anda lakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, minum air mineral sedikitnya dua liter per hari, hindari makanan dan minuman yang dapat mencetuskan sakit kepala (seperti kopi,alkohol dan minuman bersoda), kurangi konsumsi makanan berlemak, dan Anda dapat menggunakan obat yang dijual bebas seperti paracetamol untuk mengurangi sakit kepala. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan saraf dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, CT Scan atau MRI kepala untuk mengetahui ukuran dan lokasi dari kanker otak tersebut. Segera ke rumah sakit apabila Anda tiba-tiba mengalami penurunan kesadaran, kejang, sakit kepala berat yang disertai dengan pandangan kabur, muntah muntah dan kesulitan dalam berbicara atau berjalan. Perbincangan lainnya mengenai topik yang mirip dapat Anda temukan pada halaman berikut : http://www.alodokter.com/komunitas/topic/kanker-otak/#post-10376 http://www.alodokter.com/komunitas/topic/sakit-kepala-6/#post-10854 http://www.alodokter.com/komunitas/topic/sakit-kepala-menaun/#post-10232 Semoga bermanfaat, Dr Liyadi

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.