Tanya Dokter

  • apakah saya menderita OCD?

  • Dok, saya sering mengalami kecemasan yg disebabkan oleh hal2 kecil sampai hal2 yg besar, seperti ketika keluar rumah dan mengunci pintu, saya harus beberapa kali melakukan cek untuk memastikan bahwa pintu sudah benar2 terkunci, setelah beberapa jam kemudian saya teringat kembali soal kunci rumah dan merasa tidak yakin kalau pintu sudah terkunci dengan benar, setelah itu saya merasa cemas dan sangat ingin untuk kembali ke rumah (posisi saya sudah di kantor dan tidak mungkin untuk keluar kantor karena jarak antara rumah dan kantor lumayan jauh dan saat itu pekerjaan dan situasi kantor sedang tdk kondusif sehingga tidak mungkin untuk ijin pulang) dan memastikan kembali kalau pintu itu sudah terkunci. Rasa cemas dan gelisah itu berlangsung selama beberapa jam sampai saya putus asa dan mengggangu pekerjaan saya. Kemudian saya mencoba mengingat kembali dan men-sugesti diri saya bahwa pintu sudah benar2 terkunci, rasa cemas dan gelisah pun sedikit demi sedikit berkurang namun setelah beberapa jam rasa cemas itu kambuh kembali terutama saat saya sendiri dan teringat kembali soal kunci tsb, atau ketika saya melihat objek spt pintu dan kunci. Saya sering sekali merasa cemas dan gelisah pada hal2 sepele atau sering membayangkan hal buruk yg belum tentu terjadi dan berakhir dengan meyakini hal tersebut akan benar2 terjadi. Sampai saat ini saya belum melakukan hal2 yg menyakiti diri saya, namun perasaan ingin bunuh diri atau seperti saat kasus kunci tersebut membuat saya ingin resign dari pekerjaan saya hanya untuk bisa kembali ke rumah.

    Hai Dikatakan mengalami OCD (obsessive compulsif disorder) jika pikiran dan perilaku sudah berlebihan disertai adanya gangguan dalam kehidupan sehari-hari serta hubungan sosial dengan orang sekitar. Dimana terjadi obsesif (suatu pikiran terpaku pada suatu pikiran tertentu) dan juga kompulsif (perbuatan yang dilakukan berulang-ulang) yang tidak dapat dikendalikan lagi. Pada penderita OCD, kegiatan yang dilakukan berulang-ulang tersebut tidak dapat menghilangkan kecemasan, melainkan justru menimbulkan kecemasan yang berlanjut. Ada 3 kategori keparahan OCD:

    • Skala berat: dimana pikiran obsesif dan perbuatan kompulsif dilakukan lebih dari 3 jam sehari
    • Skala sedang: dimana pikiran obsesif dan perbuatan kompulsif dilakukan sekitar 1-3 jam sehari
    • Skala ringan: dimana pikiran obsesif dan perbuatan kompulsif dilakukan kurang dari 1 jam sehari.
    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan psikiater untuk dilakukan penanganan. Mengenai OCD (obsessive compulsif disorder) dapat Anda baca dibawah ini: OCD (Obsessive compulsif disorder) Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william