Tanya Dokter

  • Apakah saya mengalami aterosklerosis?

  •  Rita K. Djung
    Anggota
    Halo Dokter, Sebelumnya telinga saya sudah hampir dua bulan mengalami tinnitus yang bergemuruh dan mengikuti irama detak jantung. Saya sudah konsultasi ke dokter THT dan di diagnosa sudden deafness. Sehari-hari nafas saya pendek, mudah cemas dan jika minum kopi atau teh, jantung menjadi berdebar-debar. Apakah yang saya alami adalah aterosklerosis? Bagaimana cara untuk mengetahui nya? Apakah bisa dengan tes darah? Apakah ada hubungannya dengan tinnitus? Terima kasih sebelumnya.

    Halo Rita, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Aterosklerosis adalah kondisi dimana terjadi penbalan pada dinding pembulu darah akibat terentuknya plak pada pembuluh darah. Plak ini mengganggu aliran darah bagian organ yang dialiri, jika terjadi perlepasan dari plak maka daat terjadi kondisi fata misalnya serangan jantung ataupun stroke. Adanya keluhan napas pendek, mudah cemas serta adanya rasa berdebar-debar dapat disebabkan oleh berbagai kondisi aterosklerosis secara tidak langsung. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya kemungkinan penyebab lain. Beberapa kondisi yang dapat dipikirkan adalah sebagai berikut: 

    1. Gangguan irama jantung
    2. Adanya kondisi hyperthyroid yaitu dimana produksi hormon thyroid berlebih. 
    3. Adanya kondisi anemia atau kurangnya produksi sel darah merah
    4. Adanya gangguan kecemasan. Tidak hanya kondisi medis fisik, gangguan psikis juga akan mempengaruhi fungsi tubuh secara sistemis
    5. Adanya penyakit tekanan darah tinggi. 
    6. Kondisi penyakit medis lainnya. 

    Pada kasus Anda jika memang ingin megetahui adanya aterosklerosis maka perlu dilakukan kakaterisasi jantung. Pemeriksaan tersebut diperlukan terlebih dahulu konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Perlunya pemeriksaan awal seperti EKG atau rekam jnatung, pemeriksaan darah dibutuhkan. Konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda dan akan diketahui pemeriksaan penunjang lanjutan apa yang dibutuhkan. Selain itu, penyebab tinitus yang terjadi juga dapat dipikirkan adanya gangguan pembuluh darah pada pembuluh darah sekitar telinga dan kepala. Namun, kondisi ini dapat juga disebabkan oleh kondisi lainnya.  

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi