Tanya Dokter

  • Penyebab takut untuk tidur dan merasa gelisah

  • Malam dok, jadi saya punya keluhan, hampir tiap malam (tidak selalu) saya selalu merasa takut untuk tidur, pikiran saya mengatakan bahwa jika saya tidur saya akan 'mati' bla bla bla, dan karena hal ini saya tidak nyaman, selalu gelisah untuk tidur bahkan kadang saya akan terbangun ketakutan dan cepat cepat memegang nadi saya (entah kenapa) saking takutnya kadang saya menangis ketakutan dan ini membuat saya menahan mata sampai pagi, saya kenapa yah dok?

    Hallo

    Terimakasih sudah bertanya pada aldokter

    Saat seseorang mengalami susah tidur, banyak hal yang menjadi penyebabnya. Banyak pikiran atau stres merupakan salah satu alasannya. Selain dapat membuat susah tidur, stres juga bisa memicu kecemasan, depresi, sulit konsentrasi, dan lain-lain. Salah satu cara untuk mengatasi stres yang dapat membebani pikiran adalah menentukan penyebabnya. Beberapa hal yang menyebabkan gangguan yang Anda alami yaitu:

    ·         Serangan panik

    ·         Gangguan cemas menyeluruh

    ·         Nightmare

    ·         Depresi

     

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. Anda dapat menceritakan semua pada dokter sehingga dapat dilakukan terapi yang tepat. Untuk mengembalikan kualitas tidur, Anda dapat melakukan beberapa tips dibawah ini:

    ·         hindari tidur siang yang terlalu lama

    ·         olahraga rutin 3-5 kali seminggu selama 30-45 menit

    ·         minum susu hangat sebelum tidur

    ·         matikan semua lampu atau sumber cahaya saat tidur

    ·         matikan gadget, televisi atau alat komunikasi lain sebelum tidur

    ·         buat jadwal tidur yang tetap

    Semoga bermanfaat

     

    Salam, dr. Satya Sueningrat