Tanya Dokter

  • Apakah saya mengalami singer's node atau nodul vokal?

  •  Rita K. Djung
    Anggota
    Halo Dokter, Saya memiliki benjolan yang mirip jakun persis dibawah jakun saya. Jika dipegang terasa seperti tulang karena padat dan agak lancip kedepan. Setiap kali saya menyanyi dengan suara lantang, bagian tersebut menjadi nyeri dan susah berbicara karena suara seperti tertahan. Apakah itu singer's node atau nodul vokal? Jika iya, apakah berbahaya dan jika tidak, apakah boleh dibiarkan? Terima kasih sebelumnya.

    Hai Rita
    pada pertanyaan anda mengenai lesi di pita suara (vocal cord lesion) sebenarnya memiliki 4 macam bentuk,salah satunya adalah yang anda sebutkan nodul vocal/ singers node. Berikut di antaranya adalah:
    1. Nodul vocal/singer node
    2. Kista vocal/kist
    3. Polip vocal
    4. Lesi reaktif vocal
    Beberapa hal di atas merupakan bentuk sel-sel yang abnormal serta bersifat jinak yang umumnya terjadi di pita suara,termasuk hal yang anda tanyakan. Gejala yang ditemukan pada penyakit-penyakit tersebut biasanya terdapat benjolan di bagian leher,suara yang serak,limitasi saat bernyanyi. Untuk menegakkan diagnosis,sangat dianjurkan bagi anda untuk segera ke dokter THT,karena selain melalui pemeriksaan suara anda,harus dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laringoskopi (memeriksan di pita suara),untuk mengetahui ukuran nodul dan jenis penanganan apa yang akan digunakan. Penanganan sementara yang dapat anda lakukan adalah:
    1. Istirahatkan suara anda,terdapat beberapa nodul yang akan mengecil begitu mengistirahatkan suara
    2. Terapi suara (dapat anda tanyakan ke dokter THT)
    3. Tidak konsumsi makanan pedas,dingin ataupun digoreng
    4. Tidak konsumsi alkohol
    5. Istirahat cukup
    6. Berkonsultasi ke dokter THT
    demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen