Tanya Dokter

  • Gejala autisme dan pencegahannya

  • Assalamu'alaikum Dok, nama saya Indriati Ningsih. saya seorang pelajar SMP. Umur saya 14 tahun.

    Sejak saya umur 3 tahun sampai sekarang saya memiliki perilaku yang aneh. seperti suka mengepak ngepakkan tangan saya. Secara berulang ulang dan sangat sulit untuk menghindarinya. Dulu saya pernah dengar dari seseorang, bahwa saya seperti mengidap kelainan autis.

    Dok, saya mau tanya. apakah benar gejala yang dirasakan saya termasuk gejala kelainan autis ? Dan bagaimana solusi untuk mencegah kelainan saya Dok?

    Mohon jawabannya dok, Terimakasih

    Wassalamu'alaikum

    Halo, Indriati Ningsih.

    Autisme merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Gejala dari autisme bisa terdeteksi pada usia awal perkembangan anak sebelum mencapai tiga tahun.

    Untuk gejala dan tingkat keparahannya pun bervariasi, namun gejala utama yang sering muncul adalah gangguan interaksi sosial dan komunikasi. Gejala ini dapat meliputi masalah kepekaan terhadap lingkungan sosial dan gangguan penggunaan bahasa verbal maupun non verbal. Serta gangguan pola pikir, minat, dan perilaku yang terbatas serta bersifat pengulangan, misalnya mengetuk-ngetuk atau meremas tangan, serta merasa kesal saat rutinitas tersebut terganggu.

    Dengan melihat deskripsi Anda di atas, sepertinya Anda tidak mengalami autisme. Namun ntuk memastikan, Anda mengonsultasikan hal ini dengan dokter secara langsung, dan apabila dicurigai adanya gejala autisme, biasanya dokter akan merujuk Anda ke psikolog maupun dokter saraf.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra