Tanya Dokter

  • apakah saya mengidap penyakit tertentu ? bagaimana cara menyembuhkannya?

  •  aurierushieru
    Anggota

    dok, bagian selangkangan saya sering terasa gatal sekali, apalagi saat lembab, dan saat terkena busa sabun saat mandi, itu kenapa ya? lalu, yg ingin saya tanyakan juga, akhir akhir ini setiap pipis, terasa perih. kira kira apa ada kelainan pada organ kelamin saya atau bagaimana? mohon jawabannya dok. terima kasih

    aurierushieru  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat sore, Rasa gatal pada daerah selangkangan yang terutama terjadi saat kondisi lembab dan berkeringat kemungkinan disebabkan oleh infeksi jamur di daerah kulit selangkangan. Daerah lipatan memang cenderung lembab dan mudah menjadi tempat berkembang biak kuman jika tidak dijaga dengan baik kebersihan dan kekeringannnya. Infeksi jamur yang dapat menyebabkan gatal tersebut adalah infeksi jamur candida atau tinea. keduanya memiliki ciri khas gatal hebat terutama jika berkeringat dan lembab. Tinea cruris merupakan infeksi jamur pada daerah lipatan, terlihat berupa pulau yang semakin meluas, dengan daerah tepi yang lebih aktif (merah, bersisik, bintil2) sedangkan sisi tengah cenderung berwarna gelap atau kehitaman. Candida merupakan infeksi jamur candida sering juga menginfeksi daerah lipatan, dan vagina. terlihat berwarna merah dan gatal hebat. Sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter agar dapat dilihat secara langsung daerah selangkangan tersebut terlihat bagaimana, sehingga dapat di tangani dengan baik dan tepat. Perih di akhir BAK sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Pada wanita hal ini sering terjadi akibat kontaminasi bakteri/kuman dari lubang anus ataupun akibat infeksi vagina (keputihan) maupun akibat kebersihan daerah lipatan yang kurang baik. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dirumah :

    • KOnsumsi cairan cukup, minimal 2liter per hari
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Menghindari kondisi lembab dan berkeringat daerah selangkangan
    • Rajin membilas dan mengeringkan serta mengganti pakaian dalam terutama pada kondisi panas dan aktivitas tinggi
    • HIndari penggunaan bahan yang ketat, panas dan tidak menyerap keringat
    • Membilas organ intim dengan air bersih dan tangan dalam kondisi bersih dari arah vagina ke anus bukan sebaliknya
    • JIka memiliki masalah keputihan segera atasi.
    Anda dapat membaca mengenai artikel yang berhubungan seperti di bawah ini : Apakah Penyebab Gatal pada Selangkangan Infeksi Saluran Kemih Menjaga Kebersihan Organ Intim Tanda-tanda Ketidaknormalan cairan Vagina Tinea Cruris Menangani Vagina Gatal Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.