Tanya Dokter

  • apakah saya terinfeksi rabies??

  • Dok, saya mau tanya. Bulan januari 2015, anjing teman saya menjilat jari kaki saya dan hampir mengenai luka yang ukurannya sangat kecil. Dan sampai skarang belum menunjukkan gejala rabies. Apakah saya tidak terinfeksi?? Boleh minta saran??

    Halo,   Jika Anda terinfeksi rabies gejala bisa muncul paling cepat  2-3 minggu tergantung dari jarak luka ke otak, semakin jauh dari kepala maka semakin lama pula gejala akan timbul. Pada beberapa kasus terdapat pasien terinfeksi rabies 1 tahun setelah gigitan. Penularan rabies terjadi dari air liur binatang yang memiliki virus rabies ( anjing, kucing, kelelawar, monyet dll) kepada manusia melalui gigitan, jilatan atau percikan ludah dan masuk ke dalam sistem tubuh manusia. Jika Anjing yang menjilat kaki Anda tidak memiliki rabies maka Anda tidak akan tertular rabies. Untuk mengetahui bahwa binatang tersebut rabies maka biasanya bisa dilihat dari perilaku binatang tersebut seperti :

    1. Menjadi agresif, menyerang tanpa sebab
    2. Berliur banyak
    3. Takut akan air dan sinar terang sehingga senang berada di tempat gelap
    4. Pada binatang berekor, biasanya mereka akan melipat ekor mereka diantar kedua kaki.
    5. Mata merah.
    6. dll.
    Selain itu biasanya binatang yang terinfeksi rabies akan mati dalam waktu yang relatif singkat yaitu sekitar 2 minggu semenjak menunjukkan gejala diatas. Anda bisa menanyakan kepada teman Anda mengenai kabar terbaru anjing tersebut, jika anjing masih dalam kondisi sehat atau sudah pernah divaksin rabies sebelum menjilat Kaki Anda maka Anda mungkin tidak terinfeksi rabies. Baca topik Apa saya terinfeksi Rabies? Semoga bermanfaat.   dr. Yusi  

    Alexander David Ngantung  indah Nangin
    Anggota

    Selamat pagi Dok. Sya Indah Nangin U-28 thn .mau tanya nech, sekitar 2 Minggu yg lalu saya tercakar oleh kucing Sya sendiri dok, pada saat itu kucing lagi main2 dan lompat2 ke arah sya dan cakaranya terkena di kulit tangan sa dok. Tapi sekitar 5 hari lalu kucing sya bersin2 dan induk nya juga ikut bersin2 sepertinya Flu , dan kemudian 2 hari yg lewat kucing sya pun akhirnya mati dok . Akan tetapi induknya masih hidup tapi masih keadaan flu ( bersin ) apa sya sudah terkena rabies dok ? Dan untuk solusinya dok ?