Tanya Dokter

  • Gejala penyakit ISPA

  •  Raya Cbs
    Anggota

    Malem dok.. saya sudah seminggu ini batuk.. terus juga tenggorokan sakit.. badannya terasa lemah dan sakit sakit? Bagaimana menurut dokter.. ditunggu jawabannya ya dok.. trims.

    Halo, Batuk, merupakan refleks saluran pernapasan untuk mengeluarkan benda asing, atau sekret (cairan) yang mengganggu jalan napas, seperti misalnya dahak. Sakit tenggorokan, merupakan salah satu gejala radang pada tenggorokan (faringitis). Umumnya faringitis disebabkan oleh infeksi virus, walaupun tidak menutup kemungkinan ditambah dengan infeksi bakteri. ISPA, adalah singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA terjadi dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu. ISPA, dapat berbentuk berbagai macam peradangan seperti berikut:

    Karena disebabkan oleh infeksi virus, umumnya ISPA hanya diobati dengan obat-obatan untuk mengurangi gejala, seperti obat batuk, penurun demam dan anti nyeri. ISPA tidak membutuhkan pengobatan antibiotik, kecuali jika dicurigai terdapat infeksi sekunder oleh bakteri tertentu. Untuk mengetahui penyebab serta mendapatkan penanganan yang tepat, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika setelah mengkonsumsi obat batuk yang dibeli secara bebas, keluhan belum berkurang. Pengobatan batuk-batuk Pengobatan sakit tenggorokan Untuk mengurangi keluhan, berikut yang dapat dilakukan:
    • Istirahat cukup
    • Konsumsi air putih cukup
    • Kompres air hangat pada tenggorokan yang sakit
    • Menghindari makanan berminyak
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha