Tanya Dokter

  • Penyebabsakit bagian perut tengah atas hingga kiri, disertai kembung dan diare terus menerus

  • Saya menderita sakit sudah cukup lama kurang lebih 2tahun dengan gejala yaitu nyeri perut dibagian tengah atas ke arah kiri kadang hingga tembus punggung kiri, nyeri ini hilang-timbul, kemudian demam terus menerus (suhu tubuh selalu di atas 37,5 C), perut terasa kembung/begah/tidak nyaman, sering buang angin *maaf* berbau sangat busuk, dan sebelum buang angin selalu disertai rasa mulas/sakit di perut. Gejala2 tersebut sudah saya periksakan ke dokter dan di diagnosa Maag. Setelah saya berobat dengan resep dari dokter tersebut dan menjaga pola makan, gejala2 tsb berkurang dan membaik. Namun jika pengobatan dihentikan, gejala2 tsb muncul kembali meskipun saya sudah menjaga pola makan. Dan 2 bulan ini muncul gejala baru yaitu Diare terus menerus, ditambah dengan semua gejala di atas, saya jd khawatir dengan kondisi saya. Saya periksakan ke dokter gejala baru ini dan saya diberi resep yg sama utk Maag ditambah Lodia dan antibiotik untuk 3 hari. Sudah saya habiskan semua dan semua gejala itu tetap muncul jika obat2an tsb habis (kecuali Lodia, smp skrg msh ada sisa krn sesuai petunjuk dokter Lodia hanya diminum jika diare mencapai 5x dlm 24jam). Mmg saat minum Lodia saya jd tidak buang air besar selama 2hari, tp begitu tiba saatnya buang air besar, yg keluar tetap berbentuk lembek/cair. Dan perut saya menjadi semakin tidak nyaman dg diare berkepanjangan ini. Mohon petunjuknya Dok, apa yg harus saya lakukan dan kira-kira penyakit apa yg saya derita. Terima kasih.

    Halo Melisa, Gejala yang anda alami memang sangat mirip dengan masalah lambung. Perlu anda ketahui jika lambung bermasalah, pengobatannya tidak lah mudah. Memerlukan kesabaran dalam mengatasi masalah tersebut karena lambung merupakan organ yang selalu aktif setiap hari menerima makanan dan minuman serta mengeluarkan asam lambung yang dapat mengiritasi dinding lambung. Karena lambung merupakan organ yang berhubungan langsung dengan usus, masalah pada lambung tentu bisa menyebabkan masalah pada lambung secara langsung. Kentut yang terasa sangat bau merupakan tanda dari masalah pencernaan. Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam ahli pencernaan untuk mendapat pemeriksaan lanjutan melalui endoskopi. Setelah didapatkan hasil keadaan diri anda yang pas, pengobatan lanjutan dapat dilakukan dengan tepat. Berikut beberapa tips untuk anda:

    • Jangan telat makan dan selalu rutin makan pada jam yang sama setiap hari
    • Konsumsi makanan ringan diantara jam makan besar
    • Jangan makan yang pedas dan asam berlebih
    • Jangan konsumsi kafein berlebih seperti pada teh dan kopi
    • Rutin konsumsi obat lambung
    • Ganti cairan tubuh yang hilang dari diare dengan konsumsi air mineral atau air berelektrolit
    • Kurangi konsumsi makanan berserat saat diare
    • Jangan minum antibiotik sembarangan karena hal ini dapat memperparah diare dan terkadang diare tidak memerlukan antibiotik
    • Rutin berolah raga dan kurangi stres
    Diskusi ini dapat anda simak juga. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit