Tanya Dokter

  • batuk dengan lendir putih agak kental

  •  Andrew
    Anggota
    Saya kemarin demam batuk dan pilek setelah itu demam saya turun tetapi batuk saya tak sembuh" dan batuk saya mengeluarkan lendir putih sedikit kental dah setiap malam saya tidak bisa tidur karena batuk tersebut dok bagaimana tanggapan dokter?

    Halo Andrew........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, batuk merupakan suatu respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan jika terdapat gangguan dari luar. Respon ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan seperti debu ataupun asap, agar keluar dari paru-paru.

    Batuk sendiri sebenarnya jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Gak efektif karena obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya. Cobalah atasi batuk yang Anda alami dengan cara meminum ramuan buatan sendiri seperti meminum air madu dan Lemon.

    Yang perlu diwaspadai adalah jika batuk yang Anda alami terjadi lebih dari satu bulan. Apabila hal ini terjadi, maka kemungkinan batuk yang dialami dapat Mengindikasikan masalah medis yang lebih serius seperti : tuberkulosis / TBC, pneumonia / paru - paru basah / peradangan pada paru - paru, bronkitis, kanker paru - paru, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, kami menyarankan segeralah menemui dokter, jika batuk yang Anda alami sudah terjadi lebih dari satu bulan, agar dokter dapat melakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan darah dan rontgen dada, sehingga segala sesuatunya terang & jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati