Tanya Dokter

  • Apakah saya terkena vaginitis?

  •  Emma.goldwin
    Anggota

    Saya seorang wanita 23 tahun 1 bulan. Riwayat saya endometrisis 2011. Terakhir cek 2011. Keluhan nyeri hebat saat menstruasi. Siklus menstruasi saya teratur dg masa menstruasi 8-9 hari. Sudah berhub. Intim dg psngan lebih dari satu tahun. Namun mengalami ketidaknormalan saat ini.

    Saat ini saya mengalami beberapa keluhan yang baru saja timbul pada 14 agustus 2015 setelah saya berhub. Intim, mengalami flek kecoklatan yang berkepanjangan sampai masuk masa menstruasi saya yaitu 27 agustus, kemudian 28 agustus saya menstruasi seperti biasa sampai 5 september (9 hari, untuk bulan ini saya telat 11 hari karena berdasarkan jadwal shrusnya saya menstruasi tgl 16 agustus). Kemudian tanggal 6 september saya berhub. Intim kembali, dan esoknya saya keputihan berlebih dg warna kekuningan disertai bau yang kemudian timbul flek coklat kembali pada tanggal 13 september hingga sekarang (15september 2015). Belum berhenti, flek berwarna coklat dan berbau. 13 september terlihat setitik darah pada saat mengusap dg tisu sehabis berkemih. Saat berkemih pun dirasa ngilu pada bagian klitoris, dan panas, volume urin yang sedikit dengn frekuensi yang ckup meningkat sejak timbul flek. Dan menjadi tidak bsa menahan pipis.

    Berdsarkn keluhn sy, penykit ap yg sdg dialami saya? Dan tindakn apa yang hrus saya lakukan?

    Halo, Pertama-tama kita lihat dulu keluhan tersebut satu-persatu, keluhan timbulnya flek di luar siklus menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa hal:

    • pemakaian obat-obatan (terutama pil KB)
    • perubahan gaya hidup misalnya berat badan yang naik atau turun drastis, olahraga berat, stres
    • kelainan hormonal
    • sindrom polikistik ovarii
    Sedangkan keputihan yang berbau jika muncul pada waktu sekitar terjadinya perdarahan masih bisa merupakan hal yang normal karena pada dasarnya keputihan terjadi sebagai reaksi tubuh untuk menjaga vagina dari infeksi. Tanpa pemeriksaan kita belum bisa menutup kemungkinan bahwa hal ini terjadi karena suatu infeksi atau infeksi menular seksual. Rasa sakit ketika kencing juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual. Ini bisa terjadi karena vagina yang lembab disertai darah merupakan area yang optimal untuk tumbuhnya kuman. Sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lengkap. Sementara Anda bisa menjaga kebersihan area genital dengan menjaga agar tidak lembab, menggunakan sabun khusus area genital, serta tidak memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat. Semoga membantu, terimakasih