Tanya Dokter

  • apakah saya terkena varises?

  •  Hardiyanti
    Anggota

    Saya mau bertanya dok,kaki saya sering sakit,ada urat saya berwarna biru tapi kecil dibagian paha belakang saya,saat saya duduk,tiduran,bahkan berdiri kaki saya masih sakit dok apakah saya terkena varises dok?umur saya 15 tahun Terimakasih.

    Halo,   Untuk mengetahui apakah keluhan yang Anda maksud adalah varises atau bukan maka pemeriksaan secara langsung akan diperlukan. Mendiagnosa varises bisa dengan dengan pemeriksaan kasat mata saja biasanya akan terlihat pelebaran/ penonjolan pembuluh darah yang berwarna kebiruan dan kadang berpilin pada daerah tertentu, penonjolan ini akan bertambah jelas jika penderita berdiri lama. Selain pemeriksaan langsung, dokter juga bisa melakukan USG dupleks untuk mengetahui kerusakan katub vena yang terjadi. Varises adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah vena mengalami pelebaran akibat kerusakan pada katubnya. Biasa hal ini dipicu oleh faktor seperti :

    1. Genetik.
    2. Berdiri terlalu lama
    3. Obesitas.
    4. Kehamilan.
    5. Usia tua.
    6. dll.
    Gejala varises yang sering dikeluhkan antara lain adalah :
    • Penonjolan pembuluh darah yang berwarna kebiruan.
    • Pegal pada kaki.
    • rasa gatal pada daerah yang menonjol.
    Penanganan varises adalah dengan beberapa metode seperti :
    1. Penggunaan stoking khusus (bebat kompresi).
    2. Injeksi sklerosan.
    3. Laser.
    4. Bedah varises (phlebectomi).
    Selain itu hindari berdiri terlalu lama, dan istirahatkan kaki dengan cara meluruskannya dan sedikit diangkat untuk mengembalikan aliran darah dari kaki dan mengurangi beban vena sehingga tidak terlalu melebar. Baca topik Varises. Semoga membantu.   dr. Yusi