Tanya Dokter

  • penyebab sering lupa

  • dong saya mau bertanya. saya sering lupa setiap hari ketika menaruh kunci motor. banyak contohnya dok. -saya kemarin dikerjaan ketika menjadi FO,saya tiba" lupa apa yang saya ingin bicarakan dan saya susah sekali untuk mengingatnya. -kemarin saya juga dikerjaan lupa untuk memakaikan sabuk kepada pengunjung sehingga saya ditegor atasan saya dan ketika ada pengunjung lagi saya lupa memakaikan sabuk pengamannya lagi kepada pengunjung. -saya lupa akan nama juga dok,saya sempat berkenalan dengan atasan saya tapi -saya tidk bisa ingat sampai sekarang namanya. -saya untuk belajar juga kurang fokus sekarang dok,saya susah untuk menangkap pelajaran. -saya sekarang lebih emosi dok jika ada teman saya yang salah dikit.

    -saya tidak bisa mengingat kejadian yang sudah terjadi sebelumnya,jika saya mengingat hanya sebatas tempat dan beberapa orang saja tanpa mengingat apa yang saya bicarakan. saya sudah lama seperti ini dok bahkan hampir selalu mengalami lupa terutama pada kunci motor dan mata kuliah yang sulit saya pahami sekarang. apakah saya bisa termasuk penyakit alzheimer ????

    Halo Haliza........ Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa penyakit alzheimer merupakan jenis demensia paling umum yang ditandai dengan melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan bahasa. Penyakit alzheimer sendiri paling banyak diderita orang tua yang  berumur 65 tahun keatas. Kondisi yang Anda alami memang dapat saja mengarah ke alzheimer, karena terdapat sedikit orang berusia muda yang dapat mengalami hal ini, akan tetapi kepastian nya apakah memang Anda mengidap alzheimer haruslah didahului dengan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter. Cobalah atasi keadaan Anda dengan cara : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, jadikan olahraga sebagai bagian rutin dari hidup Anda, olah otak ( misal : bermain Puzzle, isi TTS, rajin membaca, dll. ), mulailah organisir aktivitas Anda === fokus terhadap kerjaan Anda, Cukup tidur dan istirahat === jangan begadang, Aktif besosialisasi. Jika dengan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka segeralah kunjungi Dokter Spesialis Neurologi / Saraf agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes laboratorium darah, CT Scan kepala, dll. Sehingga penyebab pasti dari keadaan menurunnya daya ingat Anda diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat dilakukan. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda: ALZHEIMER Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. salam, Dr. Jati

    Terima kasih kepada Dr.Jati yang sudah memberi informasinya. Dok tapi apakah mungkin jika diusia muda seperti saya bisa terkena alzheimer dan mengalaminya sudah hampir 1 tahun seperti ini.