Tanya Dokter

  • Sering melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan

  • Selamat pagi dok saya berumur 20 tahun, dulu saat saya sekolah di pesantren saya pernah mengalami penyakit kulit yang luar biasa parahnya. Nah setelah lulus saya sering melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan. Apakah saya terkena HIV atau apakah ada gejala menonjol, terus jika saya tidak terinfeksi bagaimana cara pencegahan dan atau pengobatan HIV tersebut?

    Terima kasih

    Hai, HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh. HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, cairan vagina, atau cairan sperma. Pencegahan HIV dapat dilakukan dengan menghindari perilaku berisiko yang dapat menularkan HIV, misalnya:

    • melakukan hubungan seksual yang aman, seperti menggunakan kondom
    • tidak menggunakan jarum suntik bersama
    Untuk mengetahui apakah terkena HIV, Anda dapat melakukan tes darah yaitu dengan tes anti HIV. Jika sudah terinfeksi HIV, maka diberikan pengobatan dengan obat antiretroviral (ARV).  Obat ini bekerja dengan memperlambat pertumbuhan virus dan biasanya dikonsumsi seumur hidup. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca halaman HIV.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto