Tanya Dokter

  • Apakah saya termasuk ptsd atau bukan? Dan bagaimana keadaan psikis saya

  •  Hi
    Anggota

    Halo dok. Saya pernah melihat orang yang saya sayangi tersedak air saat minum karena saya, dan jatuh karena tidak sadarkan diri beberapa detik. Dan saya melihat kejadian tersebut tepat didepan saya, dan saya sempat berteriak histeris karena orang yang saya sayangi jatuh tidak sadarkan diri. Saat beliau sudah sadar saya menjadi kaku, dan takut. Setelah kejadian tersebut saya cenderung menghindari beliau, menghindar dari tempat kejadian tersebut sampai beberapa hari, dan ketika saya sendiri saya sering menyalahkan diri saya sendiri dan menangis juga saya hampir berfikir untuk menyakiti diri saya sendiri. Sekarang kejadian tersebut sudah satu bulan tapi saya tetap mengingat kejadian tersebut. saat saya teringat kejadian tersebut saya menjadi murung, menangis, dan masih menyalahkan diri saya sendiri. Bahkan saya saat makan dan minum sekarang sangat berhati hati karena takut tersedak. Jadi bagaimana keadaan psikis saya dok? Terimakasih.

    Hi  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Dari apa yang anda jabarkan diatas, maka bisa jadi memang ini adalah suatu PTSD. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa menegakkan diagnosa psikiatrik haruslah melalui pemeriksaan terutama wawancara psikiatri langsung, tanpa itu, maka diagnosa tidak daapt ditegakkan. Akan tetapi dari kondisi anda terdapat beberapa kemungkinan :

    • PTSD (lama biasanya beberapa minggu - 6 bulan)
    • gangguan penyesuaian (1-6 bulan)
    • reaksi stress akut (tampaknya bukan karena pada gangguan ini , gejala akan menghilang dalam kurun waktu 3 hari)
    • gangguan kepribadian paska kejadian katastrofik (> 6 bulan)
    • dsb
    Jika kita bicara mengenai PTSD, maka terdapat beberapa poin penting :
    •  terjadi tidak lebih dari 6 bulan setelah kejadian traumatik berat / katastrofik
    • adanya bayang-bayang atau mimpi-mimpi kejadian traumatik tersebut berulang-ulang (flshback)
    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter ahli jiwa / psikiatri untuk menjalani evaluasi lebih lanjut dari masalah ini dan memastikan diagnosisnya sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai, baik dengan obat maupun tanpa obat. informasi lebih jauh dapat anda baca pada tautan bverikut : PTSD demikian yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.

    Hi  dr. Rico N
    Dokter

    PTSD = post traumatic stress disorder (kelainan stress paska/setelah trauma)